Implementasi dan Analisis Pengelolaan Kelas Heterogen di SD Negeri 101764 Percut Sei Tuan

Authors

  • Putri Adelcia Damanik Universitas Negeri Medan
  • Bernardinus Sitanggang
  • Muhammad Hasan Arosyid
  • Muhammd Fiansyah Praja

DOI:

https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59703

Abstract

Kelas heterogen adalah kelompok belajar yang terdiri dari siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Kelas heterogen mengacu pada kelompok belajar yang terdiri dari siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, latar belakang, kebutuhan, dan gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman dan karakteristik siswa di kelas sehingga disebut kelas yang heterogen dan bagaimana guru di kelas dapat mengatasi kasus tersebut. Metode yang digunakan dalam tugas ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif. Yaitu dengan menganalisis data, dan melakukan observasi ke sekolah, kemudian melakukan wawancara dengan guru yang bersangkutan di SD NEGERI 101764 sekolah. Dan kami melakukan wawancara dengan guru pendidikan jasmani. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mencari solusi untuk mengatasi permasalahan kelas yang heterogen. Beberapa solusi yang diperoleh adalah dengan melakukan pendataan, tentang mahasiswa aktif dan kurang aktif, membuat kelompok belajar, memanfaatkan teknologi.

References

R Anitra -JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2021 BH Santoso, H Taufiq -Jurnal Pendidikan Olahraga 2015 -ejournal.unesa.ac.id Santrock, J. W. (2014). Educational Psychology Anas Sudijono (2021) dalam bukunya "Pengantar Evaluasi Pendidikan" Darling-Hammond, L. (2010). The Flat World and Education: How America’s Commitment to Equity Will Determine Our Future. New York: Teachers College Press Sukadiyanto. (2011). "Pengantar Teori dan Metodologi Pendidikan Jasmani." Zamroni. (2019). "Solusi untuk Kelas Heterogen dalam Pendidikan dan Pembelajaran." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Munir. (2017). "Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi." Surya, E., & Juandi, D. (2019). Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 207-216. Sutrisno. (2020). "Solusi untuk Kelas Heterogen dengan Teknologi Pendidikan." Jurnal Teknologi Pendidikan.

Lubis, D. E., Tamba, R., Nurmayani, N., Tambunan, H. P., & Ratno, S. (2025). PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 101768 TEMBUNG Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(2), 2836–2842. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2816

Fidaus, A. A., Sitanggang, E., Sianturi, I., Andriani, I., Agustin, W., & Sembiring, B. (2025). Analisis Bahasa Gaul Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Olahraga Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1847–1854. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2847

Hatmi, E., & Siregar, H. L. (2024). ANALYSIS OF CLASS V TEACHER’S LEADERSHIP STYLE AMONG STUDENTS OF SDN 060877 MEDAN PERJUANGAN. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2, 48–52.

Mawardinu, M., Gracela Br Pa, A., Febrianti Harahap, A., Egivana Girsang, C., Lorenca Sinabutar, I., & Lumbantoruan, V. (2025). ANALISIS TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PRODI ILMU KEOLAHRAGAAN KELAS IKOR C 2022 MENGGUNAKAN TEST BALKE Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(2), 2818–2824. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2365

Rajagukguk, Y. J., Glen, I., Pardosi, F., Sinaga, I. D., Munthe, P. F., & Nainggolan, B. V. (2025). PERAN STRATEGIS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DALAM MEMBANGUN LITERASI OLAHRAGA DI KAMPUS Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1842–1847. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2505

Sinaga, J. S., Siboro, T. H. F., Ginting, G. G., Munthe, M. S., & Simanjuntak, G. E. (2025). ANALISIS BAHASA GAUL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1862–1867. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2614

Sinaga, J. J., Butarbutar, J., Nainggolan, D. S., Bergi, H., Milala, S., & Sembiring, P. B. (2025). Analisis Kritis Terhadap Evaluasi Diri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1855–1861. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2505

Wenni, S., Kezia Situmeang, N., Emelia Sitorus, S., Siagian, A., Cholissatun Fitri, M., & Syahrial, S. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 101280 GUNUNG TUA TONGA. JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN DASAR, 10(1), 78–89.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Damanik, P. A., Sitanggang, B., Arosyid, M. H., & Praja, M. F. (2023). Implementasi dan Analisis Pengelolaan Kelas Heterogen di SD Negeri 101764 Percut Sei Tuan. JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 21(1). https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59703