Cover Image

Implementasi dan Analisis Pengelolaan Kelas Heterogen di SD Negeri 101764 Percut Sei Tuan

Putri Adelcia Damanik, Bernardinus Sitanggang, Muhammad Hasan Arosyid, Muhammd Fiansyah Praja

Abstract


Kelas heterogen adalah kelompok belajar yang terdiri dari siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan yang berbeda. Kelas heterogen mengacu pada kelompok belajar yang terdiri dari siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, latar belakang, kebutuhan, dan gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman dan karakteristik siswa di kelas sehingga disebut kelas yang heterogen dan bagaimana guru di kelas dapat mengatasi kasus tersebut. Metode yang digunakan dalam tugas ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif. Yaitu dengan menganalisis data, dan melakukan observasi ke sekolah, kemudian melakukan wawancara dengan guru yang bersangkutan di SD NEGERI 101764 sekolah. Dan kami melakukan wawancara dengan guru pendidikan jasmani. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mencari solusi untuk mengatasi permasalahan kelas yang heterogen. Beberapa solusi yang diperoleh adalah dengan melakukan pendataan, tentang mahasiswa aktif dan kurang aktif, membuat kelompok belajar, memanfaatkan teknologi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59703

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA



 
 width=

JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)

Published by the Institute for Research and Community Service, Medan State University

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Administrator Phone: +62-85942206112

Creative Commons License
This is Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.