PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIAPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA

Musdalifa Tumanggor

Abstract


Media Pembelajaran Wordwall Tingkatkan Hasil Belajar di SD Negeri 101765 Bandar Setia Penelitian ini mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis website Wordwall untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 4 SD Negeri 101765 Bandar Setia. Menggunakan model Research and Development (R&D) dengan ADDIE, penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas 4A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis website Wordwall tergolong "Sangat Layak" dan "Sangat Praktis". Media ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan dari 46,75% pada pretest menjadi 87,50% pada posttest. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis website Wordwall terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 101765 Bandar Setia. Media ini membantu siswa lebih memahami materi dengan cara yang menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan media pembelajaran inovatif yang berbasis teknologi, khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science Integration, 2(2), 191-202.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Ningtia, M. W., dan Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. 10.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Saputra, A. (2022). Peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam bagi siswa kelas VI di SD Inpres Ende 11 Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Saputra, H. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB Untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JCAR, 4(1), 62.

Setyadi, D dan Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika KreatifInovati

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian&Pengembangan. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v22i1.61353

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
 width=

JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)

Published by the Institute for Research and Community Service, Medan State University

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Administrator Phone: +62-85942206112

Creative Commons License
This is Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.