Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Bambu Terhadap Keseimbangan Statis Anak Kelas V Sdn 106826 Desa Sidodadi Kec. Batang Kuis T.A 2024/2025
Abstract
This research was conducted with the aim of determining the effect of the traditional game of bamboo stilts on the static balance of fifth-grade students at SDN 106826, Sidodadi Village, Batang Kuis District, academic year 2024/2025. The population of this study consisted of 20 fifth-grade students. In the initial stage, a pretest (initial test) was administered, followed by treatment using bamboo stilts in static balance learning, and in the next stage, a posttest (final test) was conducted. Based on the results of the normality test, a significance result of 0.143 was obtained; subsequently, the homogeneity test yielded a significance result of 0.428, and the hypothesis test indicated that there was an effect with a significance value of 0.000. Therefore, it can be concluded at the final stage through the hypothesis test that Ha is accepted and Ho is rejected.References
Adi, I. N. A. N., Pramita, I., & Vitalistyawati, L. P. A. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Keseimbangan Statis dan Keseimbangan Dinamis pada Anak-Anak Usia 6-12 Tahun di Lingkungan Padang Keling Kelurahan Banyuning Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 56-63.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.
Ardiawan, K. N., Sari, M. E., Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., & Hasda, S. PENELITIAN KUANTITATIF.
Bambu, Egrang, Keseimbangan Statis, and A Pendahuluan. 2024. “PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BAMBU TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS ANAK KELAS 5 SD NEGERI NO . 033922 PAROPO KECAMATAN.” 8.
Bannebua, F., Suhardianto, S., & Ismail, A. (2021). SURVEI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 TORAJA UTARA. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(1), 36-43.
Hanafi, H. (2016). Perbandingan Latihan Bola Digantung Dan Bola Dilambungkan Terhadap Hasil Belajar Sepak Mula Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Siswa Putra Kelas X-Is 1 Sma 17 Agustus 1945 Surabaya. Wahana, 67(2), 71-76.
Haris, I. N. (2017). Pengaruh Latihan Egrang Dan Gobag Sodor Terhadap Keseimbangan Tubuh Pada Siswa Sdn 1 Subang. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 163-178.
Kartini, Kartini. 2021. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Media Gambar Dan Glosarium Diksi Peserta Didik SMPN 6 Bontang.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5(2): 331–52. doi:10.26811/didaktika.v5i2.177.
Kemenkes, R. I. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 67 tahun 2016 tentang penanggulangan tuberkulosis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Marzoan, M., & Hamidi, H. (2017). Permainan tradisional sebagai kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kompetensi sosial siswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(1), 62-82.
Mbludus. Main Egrang Atawa Jajangkungan. mbludus.com. Diakses pada 18
November 2024 https://mbludus.com/main-egrang-atawa-jajangkungan/Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD dalam Pembelajaran PJOK melalui Permainan Tradisional Sylvia Yustiyati1, Hurulaynizarqa2, Nabila Dhafiana3, Salma Asyifa Sabila4, Tania Indriani5, Agus Mulyana6 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
(https://www.youtube.com/watch?v=TSKwQhtXjPY).
Mulyanto, F., Wahyuni, W., Anwar, T., & Rahman, F. (2022). Efek Balance Exercise Terhadap Kemampuan Keseimbangan Lansia Post Stroke Non-Hemoragic: Case Report. Jurnal Kesehatan dan Fisioterapi, 19-25.
Peterson, D. D. (2018). Periodic fitness testing: Not just for athletes
anymore. Strength & Conditioning Journal, 40(5), 60-76.
Pranata, D. Y., & Sarwita, T. (2019). Permainan Tradisional Englolibaba Biskuit Meningkatkan Kelincahan Anak Sekolah Dasar. Visipena, 10(2), 294-302.
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor pt. Dua kuda indonesia. Jurnal ilmiah m-progress, 11(1).
Puspita, D., Sihombing, M., Juniarto, N., & Wacana, S. (2019). Kandungan Klorofil pada Krim Sup dari Caulerpa racemosa. Dalam Prosiding Seminar Kesehatan Nasional “Transformasi Bidang Kesehatan di Era Industri 4.0 (hlm. 48-56).
Salam, A. F. B., Yunus, M., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh permainan tradisional (egrang bambu) terhadap peningkatan keseimbangan pada anak kelas 5 SD. Sport Science and Health, 1(3), 243-250.
Sarwita, T. (2022). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TERHADAP KEMAMPUAN KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR PADA SISWA SD NEGERI KARANG JADI KABUPATEN BENER MERIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2).
Sholikin, M., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2022). Nilai Karakter Anak Pada Permainan Tradisional Gobak Sodor dan Egrang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1111-1121.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Sungkari, Fesa Mardian, Eva Vera Santi, and Muhardila Fauziah. 2024. “Permainan Tradisional Egrang Pada Pembelajaran PJOK SD Kelas 1.” JLEB: Journal of Law, Education and Business 2(1): 591–99. doi:10.57235/jleb.v2i1.1942.
Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia, N. (2022). Permainan Tradisional: Upaya pewarisan budaya dan pendidikan karakter melalui kearifan lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 3 (01), 40-51.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.