ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGAJAR MATEMATIKA DI KELAS IVB SD NEGERI 060877 MEDAN PERJUANGAN

Authors

  • Mutiah Dina Maya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Muhammad Rif’an
  • Shaqila Rizky D.A
  • Riani Tazkia Hadi
  • Elvi Mailani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi guru dalam mengajar matematika pada materi perkalian dan pengurangan ke bawah di kelas IVB SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan utama kepala sekolah dan guru kelas IVB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan akibat heterogenitas kemampuan siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, dan minimnya media pembelajaran yang tersedia. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian dan pengurangan karena lemahnya dasar operasi matematika, kurangnya pemahaman terhadap nilai tempat, dan adanya kecemasan terhadap matematika. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, disarankan penggunaan alat peraga konkret, strategi pembelajaran yang lebih variatif, dan pemberian bimbingan tambahan bagi siswa yang mengalami kesulitan. Diharapkan temuan ini menjadi bahan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.

References

I. M. Surat, “Pembentukan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik,” Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 57–65, 2016.

[2] D. K. Putri, J. Sulianto, and M. Azizah, “Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah,” International Journal of Elementary Education, vol. 3, no. 3, pp. 351–357, 2019.

[3] N. I. S. Budi, I. A. Pratiwi, and L. A. Riswari, “Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Papeda; Vol, vol. 6, no. 2, 2024.

[4] I. Magdalena, A. F. Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, and I. Susilawati, “Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi,” Edisi, vol. 3, no. 2, pp. 312–325, 2021.

[5] “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR MATHEMATIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK.”

[6] S. P. Rukin, Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

[7] A. R. Fadilla and P. A. Wulandari, “Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data,” Mitita Jurnal Penelitian, vol. 1, no. 3, pp. 34–46, 2023.

[8] Y. Dwiyono and H. K. Tasik, “Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu,” Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, vol. 1, no. 48, pp. 175–190, 2021.

[9] A. H. Tauqifa, R. Rasiman, R. D. Setyawati, and L. Wati, “Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas II SD Negeri Tlogosari Kulon 01,” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 7, pp. 4843–4847, 2023.

[10] R. Aristiantika and A. Widiono, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD AL-ISLAM PENGKOL JEPARA,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), vol. 7, no. 4, pp. 14970–14979, 2024.

[11] I. Krisdiana, D. Apriandi, and R. K. Setyansah, “Analisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (studi kasus eks-karesidenan Madiun),” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 3, no. 1, 2014.

[12] N. Kusumawati and E. S. Maruti, Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. CV. Ae media grafika, 2019.

Published

2025-06-30

How to Cite

Maya, M. D., Rif’an, M., D.A, S. R., Hadi, R. T., & Mailani, E. (2025). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGAJAR MATEMATIKA DI KELAS IVB SD NEGERI 060877 MEDAN PERJUANGAN. JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 23(1), 300–306. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jkss/article/view/65933