IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI KOTA TAKENGON

Rafiqah Awalyatu, Yasaratodo Wau, Irsan Rangkuti

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi klinis oleh pengawas sekolah pada guru mata pelajaran matematika SMA Negeri di Kota Takengen dalam mengungkapkan (1) langkah-langkah pertemuan awal yang dilakukan pengawas sekolah, (2) langkah-langkah observasi yang dilakukan pengawas sekolah, dan (3) langkah-langkah pertemuan balikan yang dilakukan pengawas sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah fenomenologis yang menekankan pada fokus pengalaman subjektif manusia. Data implementasi supervisi klinis ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 4 orang pengawas sekolah rumpun mata pelajaran MIPA dan 5 guru mata pelajaran Matematika di Kota Takengen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa langkah pertemuan awal yang dilakukan pengawas sekolah terhadap guru binaannya belum terlaksana dengan baik, karena dalam menganalisis pencapaian target keterampilan dan perhatian utama guru belum fokus berdasarkan permasalahan guru yang muncul. Pada langkah observasi, pengawas sekolah juga masih menggunakan cara konvensional, hanya memantau dan menceklis instrumen supervisi. Langkah terakhir yakni pertemuan balikan sama halnya pada langkah pertemuan awal masih menganalisis pencapaian target keterampilan dan perhatian utama guru secara menyeluruh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pengawas sekolah dan guru bahwa dalam mengimplementasikan supervisi klinis hendaknya fokus pada permasalahan yang dibutuhkan guru.
Kata Kunci: Implementasi, Supervisi Klinis, Pertemuan Awal, Observasi,
Pertemuan Balikan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.