PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH

Izhar Fuadi Lubis, Darwin Darwin, Sumarno Sumarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang supervisi manajerial pengawas sekolah, partisipasi masyarakat, dan kepuasan kerja terhadap kinerja kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk hubungan sebab akibat (kausalitas), dengan populasi penelitian adalah seluruh Kepala Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Asahan yang berjumlah 55 orang. Sampel penelitian ditetapkan berjumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang dihimpun dari masing-masing jalur selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung persepsi tentang supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap kinerja kepala sekolah; (2) Terdapat pengaruh langsung partisipasi masyarakat terhadap kinerja kepala sekolah; (3) Terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja kepala sekolah; (4) Terdapat pengaruh langsung persepsi tentang supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap kepuasan kerja kepala sekolah; (5) Terdapat pengaruh langsung partisipasi masyarakat terhadap kepuasan kerja kepala sekolah. Variabel yang dominan mempengaruhi kinerja adalah: (1) Kepuasan kerja; (2) Persepsi tentang supervisi manajerial pengawas sekolah; (3) Partisipasi masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kalau ingin meningkatkan kinerja kepala sekolah SMP Negeri perlu terlebih dahulu ditingkatkan persepsi tentang supervisi manajerial pengawas sekolah, partisipasi masyarakat, dan kepuasan kerja.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.