PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI PEMBINAAN POLA RIKI

Laksana Ketaren

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific melalui pembinaaan pola RIKI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (action research), melibatkan 6 orang guru SDS Sint Yoseph Kabanjahe. Instrumen penelitian adalah berupa lembar observasi untuk mengukur kemampuan guru menerapkan pendekatan scientific pada pembelajaran tematik terpadu dan observasi terhadap keaktifan guru mengikuti kegiatan pembinaan. Data awal menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan guru menerapkan pendekatan scientific pada pembelajaran tematik terpadu 61,43. Skor rata-rata pada siklus I adalah 78,10 dan semua guru terlibat aktif pada kegiatan pembinaan. Skor yang diperoleh pada siklus II naik secara signifikan yaitu 84,29 dan tingkat keaktifan peserta mengikuti pelatihan juga cukup stabil. Berdasarkan hasil akhir penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan pola RIKI mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific. Kata

Kunci : scientific, RIKI (rekam, identifikasi, konfirmasi dan implementasi)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.