PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK STEP BY STEP ON THE JOB TEACHER TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN TES PILIHAN GANDA DAN MENGGUNAKAN ANATES V4 PADA SMA NEGERI DI KOTA BINJAI

Salman Salman, Darwin Darwin, Arif Rahman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes pilihan ganda dengan menggunakan Anates V4 di SMA Negeri Kota Binjai. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4, 6 dan 7 Binjai. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dalam dua siklus yang menggunakan teknik Step by Step On The Job Training. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik Step by Step On The Job Teacher Training dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa Prancis dalam menyusun soal pilihan ganda dan menggunakan Anates V4. Hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keberhasilan yaitu pertama, guru memperoleh nilai > 80 dalam menyusun tes pilihan ganda yang sesuai dengan kaidah penyusunan tes. Pada siklus I guru memperoleh rata-rata nilai 74,14 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,99. Kedua, guru memperoleh nilai > 80 dalam penggunaan aplikasi Anates V4. Pada siklus I guru memperoleh nilai ratarata 64 dan pada siklus II terjadi kenaikan menjadi rata-rata 90. Ketiga, >80% soal pilihan ganda yang telah disusun dapat diterima setelah dilakukan analisis. Pada siklus I dari 25 soal yang disusun, rata-rata soal yang dapat diterima sebanyak 52% dari jumlah soal keseluruhan dan jumlah ini mengalami peningkatan di siklus II menjadi 83% soal diterima dari jumlah total soal keseluruhan. Pelaksanaan teknik Step by Step On The Job Teacher Training yang efektif sesuai dengan tahapan pelaksanaan pada siklus II. Tahapan siklus II merupakan modifikasi dari pelaksanaan pada siklus I yang telah melalui proses refleksi ternyata tidak memenuhi kriteria indikator keberhasilan pelaksanaan tindakan.

Kata Kunci: Tes pilihan ganda, Anates V4, Step By Step On The Job Pelatihan, Guru


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.