MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AKUNTANSI DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI SUPERVISI KLINIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui supervisi klinis di SMK
Negeri 1 Kutacane. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (action research), melibatkan 4
orang guru akuntansi sebagai sampel penelitian. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dan studi pendahuluan
dari guru-guru bidang studi akuntansi yang belum mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, yang terdiri atas instrumen kemampuan guru
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan instrumen penerapan keterampilan siswa dalam
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Skor rata-rata pada siklus I untuk setiap parameter yang
disebutkan sebelumnya adalah 75,57% dan 77,17%. Skor yang diperoleh pada siklus II naik secara signifikan
untuk setiap parameter yaitu 82,67% dan 82,88%. Berdasarkan hasil akhir penelitian maka dapat disimpulkan
bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru akuntansi dalam menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui supervisi klinis di SMK
Negeri 1 Kutacane. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (action research), melibatkan 4
orang guru akuntansi sebagai sampel penelitian. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dan studi pendahuluan
dari guru-guru bidang studi akuntansi yang belum mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, yang terdiri atas instrumen kemampuan guru
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan instrumen penerapan keterampilan siswa dalam
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Skor rata-rata pada siklus I untuk setiap parameter yang
disebutkan sebelumnya adalah 75,57% dan 77,17%. Skor yang diperoleh pada siklus II naik secara signifikan
untuk setiap parameter yaitu 82,67% dan 82,88%. Berdasarkan hasil akhir penelitian maka dapat disimpulkan
bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru akuntansi dalam menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 91 timesPDF - 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.