POLA “TEAM TEACHING” DOSEN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran tentang pelaksanaan pengajaran beregu
(team teaching) yang dijalankan dosen PTB FT Unimed Medan. (2) Merekomendasikan pola
alternatif team teaching yang relatif tepat bagi dosen pada mata kuliah keteknikan. Studi ini
dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan (mixing method).
Instrumen utama adalah peneliti melalui pengamatan dan terlibat langsung dalam proses
pengajaran. Instrumen lainnya adalah format isian. Sumber data adalah dosen Prodi PTB FT
Unimed Medan baik dosen senior maupun dosen junior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Penyelenggaraan team teaching dosen Prodi PTB FT Unimed Medan, pada umumnya belum
berjalan sesuai dengan kaidah dan konsep “team teaching”. (2) Belum adanya aturan yang tegas
dalam bentuk kebijakan atau pedoman pelaksanaan “team teaching” baik dari jurusan/Prodi
maupun dari fakultas. Padahal hampir semua pembelajaran mata kuliah penyelenggaraan melalui
“team teaching”. Oleh karena itu, direkomendasi pola team teaching bagi dosen PTB FT Unimed
yang dijiwai atas dasar kebersamaan anggota tim, baik kebersamaan dalam perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan kebersamaan dalam melakukan umpan balik tentang efisiensi dan upaya
peningkatan mutu proses pembelajaran secara berencana dan berkelanjutan.
Kata Kunci : Team teaching, pola, dosen, mutu pembelajaran.
(team teaching) yang dijalankan dosen PTB FT Unimed Medan. (2) Merekomendasikan pola
alternatif team teaching yang relatif tepat bagi dosen pada mata kuliah keteknikan. Studi ini
dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan (mixing method).
Instrumen utama adalah peneliti melalui pengamatan dan terlibat langsung dalam proses
pengajaran. Instrumen lainnya adalah format isian. Sumber data adalah dosen Prodi PTB FT
Unimed Medan baik dosen senior maupun dosen junior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Penyelenggaraan team teaching dosen Prodi PTB FT Unimed Medan, pada umumnya belum
berjalan sesuai dengan kaidah dan konsep “team teaching”. (2) Belum adanya aturan yang tegas
dalam bentuk kebijakan atau pedoman pelaksanaan “team teaching” baik dari jurusan/Prodi
maupun dari fakultas. Padahal hampir semua pembelajaran mata kuliah penyelenggaraan melalui
“team teaching”. Oleh karena itu, direkomendasi pola team teaching bagi dosen PTB FT Unimed
yang dijiwai atas dasar kebersamaan anggota tim, baik kebersamaan dalam perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan kebersamaan dalam melakukan umpan balik tentang efisiensi dan upaya
peningkatan mutu proses pembelajaran secara berencana dan berkelanjutan.
Kata Kunci : Team teaching, pola, dosen, mutu pembelajaran.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 120 timesPDF - 588 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.