MELALUI PELATIHAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 KLUET UTARA ACEH SELATAN
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru matematika
melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 melalui pelatihan di SMA Negeri 1 Kluet
Utara Aceh Selatan. Untuk menjawab permasalahan penelitian, diajukan hipotesis yaitu:
pemberian pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika SMAN 1 Kluet Utara
melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013.Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang
guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian pelaksanaan
pembelajaran kurikulum 2013. Guru dianggap berhasil jika mencapai nilai dalam rentang
kategori baik sesuai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan.Prosedur yang dilakukan
dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang
bersifat daur ulang atau siklus. Hasil tahap observasi pada siklus ke satu yang sudah sesuai
dengan kriteria keberhasilan dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Hasil dalam tahap observasi
yang belum sesuai kriteria keberhasilan akan diperbaiki pada siklus ke dua. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pelatihan
terhadap guru matematika SMA Negeri 1 Kluet Utara ternyata dapat meningkatkan
kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Hal ini
terlihat dari perbandingan hasil dalam tahap observasi pada siklus I dan siklus II. Pada hasil
penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I guru memperoleh nilai 3,71 dan pada siklus
II menjadi 4, 63 atau meningkat sebesar 92 poin. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa
kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat
ditingkatkan melalui pelatihan.
melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 melalui pelatihan di SMA Negeri 1 Kluet
Utara Aceh Selatan. Untuk menjawab permasalahan penelitian, diajukan hipotesis yaitu:
pemberian pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika SMAN 1 Kluet Utara
melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013.Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang
guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian pelaksanaan
pembelajaran kurikulum 2013. Guru dianggap berhasil jika mencapai nilai dalam rentang
kategori baik sesuai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan.Prosedur yang dilakukan
dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang
bersifat daur ulang atau siklus. Hasil tahap observasi pada siklus ke satu yang sudah sesuai
dengan kriteria keberhasilan dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Hasil dalam tahap observasi
yang belum sesuai kriteria keberhasilan akan diperbaiki pada siklus ke dua. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pelatihan
terhadap guru matematika SMA Negeri 1 Kluet Utara ternyata dapat meningkatkan
kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Hal ini
terlihat dari perbandingan hasil dalam tahap observasi pada siklus I dan siklus II. Pada hasil
penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I guru memperoleh nilai 3,71 dan pada siklus
II menjadi 4, 63 atau meningkat sebesar 92 poin. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa
kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat
ditingkatkan melalui pelatihan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.