SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF

Diniyah Puteri Harahap

Abstract


Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru Bahasa Inggris
melaksanakan pembelajaran aktif melalui penerapan supervisi akademik teknik workshop.
Hipotesis tindakan adalah Penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan
kemampuan guru melaksanakan pembelajran aktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Rayon
5 Medan. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai bulan Januari 2014
sampai dengan maret 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMA
Rayon 5 Medan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelakasanaan
, observasi dan refleksi. Aspek kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Aktif adalah(1)
aspek kegiatan membuka pelajaran (2)aspek penggunaan Bahasa (3) aspek penguasaan bahan
belajar / materi pelajaran (4) aspek pendekatan atau metode strategi pembelajaran (5) aspek
pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan kelas (6) apek penggunaan media/
alat, sumber pembelajaran (7) aspek kegiatan menutup pembelajaran (8) aspek tindak lanjut.
Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa penerapan supervisi akademik teknik
Workshopdapat meningkatkan pembelajaran aktif
Kata Kunci : Supervisi Akademik, Pembelajaran Aktif, Workshop

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 805 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.