MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KIMIA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw melalui supervisi klinis. Metode penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian adalah guru kimia SMA sebanyak empat orang. Obyek penelitian adalah penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen telaah RPP dan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan: (1) siklus pertama rata-rata nilai kemampuan guru kimia dalam merencanakan pembelajaran adalah 79,86 dalam kategori cukup dan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw adalah 78,98 dalam kategori cukup; (2) siklus kedua rata-rata nilai kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran adalah 96,30 dalam kategori amat baik dan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw adalah 94,31 dalam kategori
amat baik. Hasil temuan peneliti menemukan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Kata Kunci. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Supervisi Klinis
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 88 timesPDF - 69 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.