ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ASMAUL HUSNA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i6.69350Kata Kunci:
Media pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Asmaul Husna, sekolah dasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pemahaman Asmaul Husna pada siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menerapkan strategi hafalan bertahap dengan target lima nama Allah per semester agar sesuai dengan kemampuan kognitif siswa. Media lagu menjadi sarana paling efektif karena mempermudah hafalan sekaligus membantu siswa memahami makna. Selain itu, guru memanfaatkan teknologi sederhana seperti laptop dan ponsel untuk memutar lagu dan video, serta menggunakan media tambahan berupa flashcard, poster, dan lembar kerja siswa. Kendala keterbatasan teknologi dapat diatasi melalui kerja sama guru dan siswa. Hasil penelitian menegaskan bahwa kombinasi media tradisional dan modern mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan pemahaman, serta menumbuhkan nilai religius sejak dini.Referensi
Amin, A. (2022). Penerapan media pembelajaran audio visual pada fase B kelas IV di SD Negeri 8 Kwandang. Jurnal Al-Muhtarif: Pendidikan dan Konseling, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.46799/al-muhtarif.v4i2.112
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hartandi, T. S. (2024). Pengembangan aplikasi Android “NURKIDS” tentang Asmaul Husna pada pembelajaran PAI di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 11500–11508. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i3.14567
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.
Kvale, S. (1996). Interviews: An introduction to qualitative research interviewing. Thousand Oaks, CA: Sage.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Beverly Hills, CA: Sage Publications.
Majid, A. (2012). Belajar dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran CENDANI berbasis aplikasi SAC pada materi Asmaul Husna kelas IV SD. Jurnal Konstruktivisme, 15(2), 77–86. https://doi.org/10.21009/konstruktivisme.v15i2.1478
Santrock, J. W. (2014). Educational psychology (5th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Yusuf, M. (2021). Penerapan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Asmaul Husna kelas IV SD Negeri 55 Padang Lambe. Jurnal Al-Muhtarif: Pendidikan dan Konseling, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.46799/al-muhtarif.v3i1.55
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Makhfirah Jannatun Jannah, Nurmayani Nurmayani, Nadhilah Syafitri, Dea Febria Br Ketare, Dwi Anggina Pasha Dalimunthe, Azzahra Julaika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



