INTEGRITASI NILAI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GENERASI Z DAN ALPHA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i2.70024Kata Kunci:
Filsafat Pendidikan Islam, Teknologi Digital, Generasi Z, Generasi AlphaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan filsafat pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan pembentukan karakter generasi Z dan Alpha di era digital. Masalah utama yang dikaji adalah terjadinya disorientasi nilai dan degradasi moral akibat penetrasi teknologi yang masif dalam kehidupan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan konsep pendidikan Islam berbasis teknologi yang berlandaskan nilai-nilai tauhid, akhlak, dan hikmah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis melalui studi literatur dan telaah kritis terhadap hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam teknologi pendidikan mampu menciptakan keseimbangan antara kecerdasan spiritual dan kompetensi digital. Filsafat pendidikan Islam berperan sebagai panduan etis yang mengarahkan penggunaan teknologi menuju pembentukan karakter Qur’ani, cakap digital, dan beradab. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam berbasis teknologi memiliki potensi besar dalam membentuk generasi yang adaptif, inovatif, dan berakhlak mulia di era digital.Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 10/27/2025 (3)
- 10/26/2025 (2)
- 10/26/2025 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mulia Sopiandi Harahap, Ahmad Fauzi Hasibuan, Herlini puspika sari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



