KAJIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN RIGID CAUSE WAY PADA PEMBANGUNAN PELABUHAN BELAWAN

Erlina Sihotang, Ernesto Silitonga, Jintar Tampubolon, Parlaungan Hutagaol

Abstract


Perkerasan jalan (Rigid cause way) adalah konstruksi yang dibangun diatas lapisan tanah dasar (subgrade), yang berfungsi untuk menopang beban lalu-lintas. Jenis konstruksi perkerasan jalan pada umumnya ada dua jenis, yaitu perkerasan lentur (flexible pavement) dan perkerasan kaku (Rigid Pavement). Pada perencanaan rigid cause way harus mengetahui tebal,lebar,serta tinggi pada perkerasan yang akan direncanakan. Pada pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku (rigid pavement) dilapangan juga memperhatikan mengenai kelengkapan alat-alat serta bahan-bahan yang diperlukan dan memperhatikan kendala yang terjadi dilapangan serta menjelaskan solusi terhadap kendala tersebut.


Keywords


Perkerasan jalan(Rigid pavement), alat, bahan, kendala, solusi

References


E. Silitonga, “Enhancing Geotechnical Properties of Contaminated Sediment of by Using Fly Ash and Hydraulic Binders,” vol. 7, no. 4, pp. 1554–1560, 2018.

E. Silitonga, “IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK ABU TERBANG JENIS ALUMINO-SILIKAT,” Educ. Build., vol. 3, no. 2, 2017.

E. Silitonga, “Impact of pozzolanic binder addition on stabilization of polluted dredged sediments on its potential reuse as a new material resource for road construction in Basse Normandie, France,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 309, no. 1, 2018.

E. Silitonga, “Aidentification Of Effect Of Fly Ash Addition As An Alternative Binder In The Treatment Process Of Polluted Waste,” vol. 7, no. 06, 2018.

E. Silitonga, “Stabilization / solidification of polluted marine dredged sediment of port en Bessin France, using hydraulic binders and silica fume,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 237, no. 1, 2017.

E. Silitonga, H. Sitompul, R. Harahap, N. Sebayang, and I. Tambunan, “Effect of Mineralogical and Physical Characteristic of Pozzolanic Binders on Enhancing Strength in Soil Improvement Work.”

E. Silitonga, “Impact of pozzolanic binder addition on stabilization of polluted dredged sediments on its potential reuse as a new material resource for road construction in Basse Normandie, France,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 309, no. 1.

E. Silitonga, “Enhancing the Engineering Characteristics of Polluted Sediment Solidified with Pozzolanic binder,” vol. 4, no. 4, pp. 12–19, 2018.

Sutikno, 2003, Panduan Praktek Beton, Universitas Negeri Surabaya.

Saodang, Hamirhan, 2005, Konstruksi Jalan Raya buku 2 Perancangan Perkerasan Jalan Raya, Bandung : Nova.

Widiasanti, Irika dan Lenggogeni. (2013). Manajemen konstruksi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi.Yogyakarta: Andi Offset.

Mulyono, Tri. 2004. Teknologi Beton. Yogyakarta : Andi. Rochmanhadi, 1986, Alat-Alat Berat dan Penggunaannya, Departemen Pekerjaan Umum , Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jntsa.v1i1.16341

Article Metrics

Abstract view : 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : jurusanptb@unimed.ac.id