PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI PELAJARAN TEORI MUSIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMA SE-KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Dimpos Yustinus Sormin, Biner Ambarita, Sahat Siagian

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran materi pelajaran teori musik melalui supervisi akademik teknik workshop di SMA Se-Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni budaya pada SMA SeKecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai berjumlah 5 orang guru. Subjek
ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan
guru bidang studi seni budaya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran materi pelajaran teori musikdigunakan pedoman daftar cocok dengan jumlah butir
sebanyak 25. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua
siklus.Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran materi pelajaran teori musik melalui supervisi akademik teknik workshop di SMA Se-Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai pada siklus I dengan nilai rata-rata 23,2%tergolong kategori kurang dan pada siklus II tergolong dalamkategori baik dengan nilai 83,6%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kemampuan guru bidang studi seni budaya di SMA Se-Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran materi pelajaran teori musik. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah yaitu menerapkan supervisi akademik tehnik workshop untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam meyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci : Kemampuan Menyusun RPP, Supervisi Akademik Teknik Workshop dan
SMA Se-Kecamatan Sei Rampah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.