MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA MERENCANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK PELATIHAN ON-THE-JOB TRAINING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi akademik dengan teknik pelatihan on-the-job training dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa Indonesia merencanakan pembelajaran di SMK Kabupaten Karo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen telaah silabus dan instrumen telaah RPP. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Prasiklus, data menunjukkan bahwa kemampuan guru menyusun silabus 33,33% dalam kategori cukup baik dan dan 66,66% guru kategori kurang baik. Kemampuan guru menyusun RPP, 73% guru cukup baik dan 27% guru kategori kurang baik. (2) Siklus pertama kemampuan menyusun silabus 100% guru memiliki skor cukup baik, skor penilaian RPP 13,33% guru memiliki skor kategori baik, 86,67% atau 26 guru memiliki skor cukup baik. (3) Siklus kedua, kemampuan
menyusun silabus 100% atau 30 orang guru memiliki skor kategori baik, kemampuan menyusun RPP 80% guru atau 24 guru memiliki skor kategori baik dan 20% guru atau 4 orang guru memiliki skor kategori cukup baik. Penelitian ini menemukan bahwa melalui supervisi akademik teknik on-the-job training dapat meningkatkan kemampuan guru merencanakan pembelajaran.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Supervisi Akademik On-The-Job Training
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 146 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.