MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU FISIKA MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PERPINDAHAN KALOR MELALUI WORKSHOP

Esron Saragi

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui workshop dapat meningkatkan kompetensi guru fisika membuat media perpindahan kalor di SMA Negeri Sub Rayon 1 dan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah. Hipotesis tindakan pada
penelitian ini adalah melalui workshop dapat meningkatkan kompetensi guru fisika membuat media pembelajaran perpindahan kalor. Subjek penelitian adalah guru fisika SMA Negeri sub rayon 1 dan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 6 (enam) orang. Objek penelitian adalah media pembelajaran perpindahan kalor yang dibuat adalah dari barang bekas atau dari bahan yang harganya murah sehingga dapat terjangkau. Nilai rata-rata kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran perpindahan kalor secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi meningkat dari siklus 1 pertemuan ke 1 sampai dengan siklus 3 pertemuan 3 yaitu 31,33% menjadi 89,33%. Peningkatan nilai rata-rata kompetensi guru: 89,33 – 31,33 = 58,00%. Hasil analisis angket tentang pelaksanaan workshop memperoleh rata-rata 97,71% berarti pelaksanaannya berlangsung dengan hasil amat baik dan kompetensi guru meningkat dalam pembuatan media pembelajaran. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru membuat media pembelajaran meningkat sehingga diharapkan kompetensi tersebut dapat diterapkan dalam peningkatan kualitas pembelajaran fisika melalui pembuatan media pembelajaran.

Kata Kunci: Komptensi, Media Pembelajaran, Workshop.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.