PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY DI SMAN 04 MERLUNG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Jhon Renold Siregar

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru rumpun IPS dalam menggunakan media pembelajaran powerpoint melalui lesson study di SMAN 04 Merlung. Hipotesis tindakan ini adalah penggunaan lesson study dapat meningkatkan keterampilan guru rumpun IPS menggunakan media pembelajaran powerpoint di SMAN 04 Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 04 Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Waktu Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu mulai bulan Nopember 2013 sampai dengan Pebruari 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 (lima) orang guru rumpun IPS SMA dengan mata pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, PKn, dan satu orang pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yaitu
sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti, pengawas dan guru, dalam meningkatkan keterampilan guru agar menjadi lebih baik dalam menggunakan media powerpoint melalui teknik lesson study. Peneliti menggunakan model penelitian Slamet Mulyana yang dirancang dengan proses siklus. Prosedur ini mencakup tahap-tahap: (1) perencanaan (plan), (2) pelaksanaan (do), (3) refleksi (check), dan (4) tindak lanjut (act). Temuan penelitian melalui penerapan lesson study menunjukkan pada siklus ke-1, diperoleh sebesar 40% (2 orang guru) yang menggunakan media powerpoint berkategori cukup terampil dan 60% (3 orang guru) yang menggunakan media powerpoint berkategori kurang terampil. Aspek persiapan guru 52,50%; aspek persiapan siswa dan pengelolaan kelas 62,50%; aspek penyajian media 47,50%; dan aspek langkah lanjutan dan aplikasi 60,00%. Nilai rata-rata keterampilan guru menggunakan media powerpoint adalah 55,63% (cukup baik). Sedangkan berdasarkan hasil pada siklus ke-2, diperoleh sebesar 80% (4 orang guru) yang menggunakan media powerpoint dengan kategori
baik dan 20% (1 orang guru) yang amat terampil menggunakan media powerpoint. Aspek persiapan guru 80,00%; aspek persiapan siswa dan pengelolaan kelas 92,50%; aspek penyajian media 75,00%; dan aspek langkah lanjutan dan aplikasi 82,50%. Nilai rata-rata keterampilan guru menggunakan media powerpoint adalah 82,50% (baik). Dengan demikian penerapan lesson
study dapat meningkatkan keterampilan guru rumpun IPS menggunakan media powerpoint di SMAN 04 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi yang dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 80%.

Kata Kunci : media powerpoint, dan lesson study.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 877 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.