MODEL KETULUSAN (ALTRUISTIC) BIDAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN

Rani Darma Sakti Tanjung

Abstract


Abstrak
Altruistik (ketulusan) merupakan sikap dan perilaku yang senantiasa dituntut dari setiap bidan dalam melakukan pelayanan profesinya. Ketulusan bidan dalam memberikan pelayanan terlihat dari adanya dorongan perasaan rela untuk membantu orang lain dengan mengutamakan kepentingan orang lain (ibu dan anak, keluarga dan masyarakat) melampaui kepentingan dirinya sendiri. Indikasi ketulusan tersebut terlihat dari kemauan untuk berkorban (menanggung resiko), menolong tanpa pamrih, berempati, menolong tanpa paksaan, menerima dan memberi kritik. Model ketulusan bidan dalam memberikan pelayanan. Model ketulusan tersebut bermula dari adanya permasalahan persalinan, kesehatan ibu, anak dan keluarga. Bidan memastikan adanya permasalahan yang memerlukan pertolongan. Berdasarkan kompetensi dan kode etik selanjutnya muncul tanggungjawab moral dan tanggungjawab profesi. Dengan mempertimbangkan kebutuhan sumber daya pendukung yang dimiliki dan ketersediaan dana, maka bidan membuat keputusan untuk memberikan pertolongan. Dalam proses pemberian pertolongan, perilaku tulus terlihat dari senyum bidan, rela berkorban, tanpa pamrih, berempati dan melakukan pertolongan tanpa paksaan. Pasca pemberian pertolongan, bidan merasakan adanya kepuasan melayani, dan pada gilirannya perilaku ketulusan bidan dapat di rasakan, dialami dan diamati oleh ibu, anak, keluarga dan masyarakat.

Kata Kunci: ketulusan, bidan, pelayanan, ibu, anak.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1857 times
PDF - 5758 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.