PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PAI MENGGUNAKAN POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMAN 2 SIGLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam membuat media pembelajaran menggunakan PowerPoint pada materi perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250-1800) melalui supervisi akademik teknik workshop di SMAN 2 Sigli. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sigli yang berjumlah lima orang, dengan fokus penelitian adalah kemampuan guru membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint pada materi perkembangan Islam pada abad pertengahan melalui workshop. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan secara terpadu dan sistematis dalam tahapan berupa siklus-siklus.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint sebesar 78,21% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua rata-rata kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint sebesar 88,93% dengan kategori baik. Peningkatan nilai rata – rata guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan powerpoint adalah 88,93%-78,21%= 10,72%. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam membuat media pembelajaran menggunakan powerpointdi SMAN 2 Sigli.
Kata Kunci: Supervisi, Workshop, Powerpoint
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 347 timesPDF - 764 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.