PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK PELATIHAN GROW ME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INGGRIS MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

M. Amir, Paningkat Siburian, Abdul Muin Sibue

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi akademik teknik pelatihan GROW ME dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini terdiri dari delapan orang guru bahasa Inggris yang mengajar di Kelas X. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan sekolah. Enam langkah GROW ME (Goal, Reality, Option, What next/will, Monitoring, Evaluation) digunakan pada setiap tindakan pada setiap siklus. Hasil Peneltian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan guru meningkat pada setiap siklus. pada siklus pertama dalam membuat RPP model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 80,10%, pada siklus pertama kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 74,53%. Sementara itu pada siklus kedua kemampuan guru menunjukan peningkatan setelah cara melaksanakan tindakan pada siklus sebelumnya direvisi pada siklus kedua. Rata-rata kemampuan guru dalam membuat RPP model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 86, 46%, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 86, 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan supervisi akademik teknik pelatihan GROW ME dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa Inggris dalam menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kabupaten Tebo.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 385 times
PDF - 1427 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.