ATTACK EXERCISE MODEL TAEKWONDO YUNIOR ATLET AT SENIOR HIGH SCHOOL AGE

Ziko Fajar Ramadhan, Iman Sulaiman, Hidayat Humaid

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan serangan taekwondo untuk atlet yunior usia SMA. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan model latihan serangan taekwondo untuk atlet yunior usia SMA serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah atlet yunior usia SMA yang terdiri dari 40 atlet. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: Analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produk awal), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar (field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes serangan taekwondo yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan serangan atlet sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan serangan yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan serangan atlet adalah 15.05. Setelah diberikan perlakuan model latihan serangan didapatkan tingkat kemampuan serangan 21.47. Pada uji signifikan perbedaan dengan spss 16 didapatkan mean= -6.425 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= -46.506 df=39 dan p-value= 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan serangan taekwondo. Model latihan serangan taekwondo untuk atlet yunior usia SMA efektif untuk meningkatkan kemampuan seragan taekwondo.


Full Text:

PDF

References


Borg, W R & Gall, M D, 2005. Educational research: an introduction, Fourth

Edition. New York: Longman. Inc.

Onyas Widianingsih, Zuraidah, 2018. Prototipe Modifikasi Ergocycle Dengan

Memanfaatkan Sepeda Bekas Sebagai Solusi Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas Aerobic Tunanetra”. Journal Physical Eduation, Health and Recreation, Volume: 1, Edisi: 1: 124-132.

James Tangkudung, 2016. Macam-macam Metodologi Penelitian Uraian dan Contohnya. Jakarta: Lensa Media Pustaka.

Sabaruddin Yunis Bangun, 2016. “Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound”. Journal Physical Eduation, Health and Recreation, Volume: 1, Edisi: 1: 70-77.

M. Wanda Aginta Bangun, 2018. “Pemanfaatan Hasil Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SLB-YPAC Cabang Medan”. Journal Physical Eduation, Health and Recreation, Volume: 2, Edisi: 2: 97-106.

Gugun Arief Gunawan, 2007. Beladiri. Yogyakarta: Insan Madani.

Yong Sup Kil, 2007. Competitive Taekwondo. Amerika: Human Kinetics.

John W. Santrock, 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i1.11512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Creative Commons License

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License