HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER LENGAN DENGAN HASIL FOREHAND PERMAINAN TENIS LAPANGAN

Ivan Kurnia Reza, Sudirman Husin, Suranto Suranto, Ade Jubaedi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan kekuatan otot tangandan power lengan dengan hasil forehand pada club atlet junior tenis lapangan kotabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel yang digunakan adalah atlet junior tenis lapangan kotabumi dengan jumlah 26 atlet putra. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan pengukuran yang meliputi kekuatan otot tangandan power lengan menggunakan hand grip dynamometer dan medicine ball. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan otot tangan miliki hubungan dengan hasil forehand dengan nilai pearson korelasi sebesar 0.613 dengan kategori sedang dan power lengan memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil forehand dengan nilai pearson komparasi sebesar 0.620 tergolong cukup kuat. dan hasil perhitungan analisis korelasi ganda dengan uji F menunjukan Fhitung =8,79 > Ftabel 3,42 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel bebas mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil forehand tenis lapangan club atlet junior putra kotabumi. Kesimpulannya bahwa kekuatan otot tangandan power lengan memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil forehand.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asepta, 2008. Teknik dasar permainan tenis lapangan. Yogyakarta: UNY

Crespo, Miguel and Miley, Dave, 1998. ITF Advanced Coaches Manual. Roehampton, London: ITF, Ltd.

Nuriman, Yamin, 1994. Tenis lapangan. Bandung: FPOK-IKIP Bandung.

Prapto Nugroho, 2011. “Latihan Backhand Volley dari Bola Groundstroke dengan Figure Eight Volley dan Kemampuan Penempatan Backhand Volley pada Petenis Pemula”. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, Volume: 1, Edisi: 1: 22-27.

Sabaruddin Yunis Bangun, 2016. “Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia”. Publikan Journals UNM, Volume: 6, Edisi: 3: 156-167.




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i1.11520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Creative Commons License

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License