EFEKTIVITAS PERMAINAN MINTON MINI TERHADAP HASIL BELAJAR BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS VII B MTSN JAMBI LUAR KOTA

Boy Indrayana, Rio Aprilia

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah karena rendahnya kemampuan siswa dalam bermain bulutangkis serta kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, sehingga belum bisa menunjukkan hasil belajar yang maksimal. rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas permainan minton mini terhadap peningkatan hasil belajar bulutangkis siswa kelas VII B MTSN Jambi Luar Kota. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar permainan bulutangkis pada siswa kelas VII B melalui permainan minton mini di MTSN Jambi Luar Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan langkah langkah sebagai berikut: (1) menentukan subjek penelitian, yaitu siswa kelas VII B yang berjumlah 29 siswa, (2) menentukan objek penelitian, (3) menentukan waktu penelitian baik siklus I maupun siklus II, (4) menentukan lokasi penelitian, (5) teknik pengumpulan data, (6) rencana tindakan pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi, kuisioner atau angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan minton mini hasil belajar bulutangkis siswa meningkat. Hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata 7,2 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 70%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 8,4 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 93%. Hasil belajar afektif siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 71%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai 80%. Hasil belajar psikomotorik siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 71%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar 82%. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, maka saran yang diberikan adalah guru penjas dapat melakukan penerapan permainan minton mini pada siswa kelas VII B untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permainan bulutangkis.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sabaruddin Yunis Bangun, 2016. “Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan Indonesia”. Publikan Journals UNM Publikasi Pendidikan, Volume: 6, Edisi: 3: 156-167.

Sabaruddin Yunis Bangun, 2016. “Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound”. Journals Physical Education, Health and Recreation, Volume: 1, Edisi: 1: 70-77.

Suherman, Adang, 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas.

Supardi, 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang No 3 tahun 2005, Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Biro Humas dan Hukum, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI.




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i1.11522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Creative Commons License

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License