Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Berbasis Permainan Pada Siswa SMP

Muhammad Ali, Hidayat Humaid, Samsudin Samsudin

Abstract


Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan permainan pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa SMP yang terdiri dari 20 siswa ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil), 60 siswa ujicoba utama (field testing) dan 50 Uji efektifitas model. Uji efektifitas model menggunakan tes pembelajaran lompat jauh untuk mengetahui tingkat kemampuan lompat jauh untuk siswa SMP sebelum pemberian treatmen berupa model pembelajaran lompat jauh yang didesain dan untuk mengetahui tingkat kemampuan lompat jauh siswa setelah perlakuan atau treatmen model pembelajaran lompat jauh yang didesain tersebut, dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat rata-rata lompat jauh siswa sebesar 21,02. kemudian setelah diberikan perlakuan berupa modelpembelajaran lompat jauh diperoleh tingkat kemampuan lompat jauh siswa sebesar 32,35. Maka model pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan permainan ini efektif dalam meningkatkan pembelajaran lompat jauh siswa SMP. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan permainan pada siswa SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran lompat jauh (2) Dengan model pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan permainan pada siswa SMP yang telah dikembangkan, diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretes dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model.


Full Text:

PDF

References


Angela Lumpkin, Physical Education,exercise science and Sport studies Amerika: New York, 2002

Achmad Paturusi, Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. jakarta:Rineka Cipta,2012

Badriah, Dewi, Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Kesehatan. Bandung: Multazam, 2012

Borg. W. R & Gall, M. D, Educational Research An Introduction. New York : Longman, 2007.

David L. Gallahue, Developmental Physical Education fo Today’s children.

Dick Walter, Lou Carey, dan James O. Carey,The Systematic Design of Instruction Ohio: Pearson New Jersey Columbus, 2009

Eddy Purnomo dan Dapan,Dasar-dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia, 2011

Elizabeth B. Hurlock. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Erlangga,2012.

Giri Wiarto. Dasar-dasar Atletik.Yogjakarta Graha Ilmu:2013

Gray Cook. Athletic Body in Balance.America, Human Kinetics : 2003.

Husdarta, H.J.S. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta, 2011.

James Riordan and Robin Jones, Sport and Physical Education in China. street, Now York:1999.

Jess Jarver, Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionir Jaya: 2007

Jim Lavin, Creative Approaches to Physical Education Helping Children to Achieve Their True Potensial. Canada: Routledge, 2008.

Kemenegpora, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005;Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.Jakarta: Kemenegpora, 2011.

Maksum, Ali, Metode Penelitian dalam Olahraga. Surabaya : Unesa University Press, 2012

Mark Guthrie. Sukses Melatih Atletik. Universitas Wisconsin di La Crosse,2003

Purnomo dan Dapan, Dasar dasar gerak atletik. Yogyakarta:Alfa media, 2011

Pribadi, Benny A. Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

Ricard Decaprio. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di SekolahJogjakarta: DIVA Press, 2013

Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015

Tangkudung, James. Kepelatihan Olahraga “Pembinaan Prestasi Olahraga”. Jakarta: Cerdas Jaya, 2006.

Trianto,Model Pembelajaran Terpadu.jakarta:PT Bumi Aksara,2015

Tracy Fullerton dan Christopher Swain and Steven S. Hoffman, Game Desain Workshop. Elsevier:Burlington,2008.

Tangkudung, James. Macam- Macam Metodologi Penelitian Uraian dan Tim Puslitjaknov.Metode Penelitian Pengembangan.Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Winendra adi dkk, Seri Olahraga Atletik. Yogyakarta:PT Pustaka Intan Madani, 2008

Widiastuti, Tes dan Pengukuran.Jakarta: PT Bumi Timur Raya, 2011

William Edwards, Motor Learning and Control From Theory to Practice. Calofornia State University:Wadsworth ,2011




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i2.11530

Article Metrics

Abstract view : 523 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Ali, Hidayat Humaid, Samsudin Samsudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License