PENERAPAN PAPAN LUNCUR DALAM PERKULIAHAN RENANG GAYA DADA MAHASISWA PENJAS FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Dian Pujianto, Sugiyanto Sugiyanto, Ari Sutisyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya dada yang selama ini memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Berdasarkan masalah di atas maka perlu dilakukan perbaikan dalam proses perkuliahan, sehingga berdampak pada hasil belajar yang dapat mencapai KKM. Keberhasilan dalam perkuliahan adalah dicapainya hasil belajar yang mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh program studi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian mahasiswa program studi pendidikan jasmani yang mengikuti perkuliahan renang dan dosen pengampu mata kuliah renang. Pada awal perkuliahan telah diberikan materi gaya dada, akan tetapi mahasiswa masih kesulitan dalam mempraktekkan renang gaya dada. Sehingga hal ini dipandang penting untuk diperbaiki proses pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan karena tingkat keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan renang gaya dada masih rendah ketika tanpa alat bantu. Dalam penelitian ini ada 1 teman sejawat sebagai pengamat yang bertugas memberikan penilaian, dan pada akhir pertemuan hasil-hasil temuan dari pengamat didiskusikan dengan secara bersama untuk mengetahui bagaimana pemecahan masalah yang paling tepat dalam perkuliahan.

Keywords


Hasil Belajar, Papan Luncur, Renang, dan Gaya Dada

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad,(2015).Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada : Depok.

Blyte Lucero (2013). 100 More Swimming Drills. Mayer & Mayer : Aachen.

Coulson, M. (2006). Dictionary of Sport and Exercise Science. A&C Black : London.

David Hopkins (1993). Teachers Guide To Claasroom Research. Open University Press. Buckingham Philadelphia.

Emmet W Hines (2008). Fitness Swimming. Human Kinetic: New York.

McNiff J, Whithead J. (2006) All You Need To Know About ActionResearch. London: Sage Publication.

Metzler M.W. (2000) Intructional Model For Physical Education. Booston: Allyn Bacon.

.Peter R, Hilary B (2001). Hand Book of Action Research Participative Inquiryand Practice. Stage Publication. London.

Samsudin, (2014). Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Lintera : Jakarta.

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther, James D. Russell, (2011)Intructional Tecnology & Media for Learning. Pearson : USA.

Suharsimi A, Suhardjono, Supardi.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i2.12042

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dian Pujianto, Sugiyanto Sugiyanto, Ari Sutisyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License