Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound

Sabaruddin Yunis Bangun

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 31 (1). Namun sayangnya sistem pendidikan di Indonesia belum mengakomodasi keberagaman, sehingga menyebabkan munculnya segmentasi lembaga pendidikan yang berdasar pada perbedaan agama, etnis, dan bahkan perbedaan kemampuan baik fisik. Tulisan ini adalah sebagai referensi awal pengembangan anak-anak difabel melalui pendidikan jasmani olahraga dan outbound di Indonesia, dengan pemikiran bersama. Manfaat dari tulisan pada makalah ini sebagai pemikiran bagi pembuat kebijakan dalam meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan anak difabel. Nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani olahraga dan kegiatan outbound terdapat nilai psikomotrik, kognitif dan afektif. Dengan mengembangkan konsep pendidikan jasmani olahraga dan outbound memungkinkan untuk dicapai. Nilai-nilai yang terdapat pada pendidikan jasmani dan outbound dapat menunjang kehidupan sehari-hari khususnya bagi anak-anak difabel.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777

Article Metrics

Abstract view : 6745 times
PDF - 4609 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sabaruddin Yunis Bangun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License