Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Pengembangan Gerak Dasar Siswa SD Negeri 196/1V Kota Baru Kota Jambi
Abstract
Kebugaran jasmani erat kaitannya dengan kegiatan manusia melakukan pekerjaan dan bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh permaian tradisional terhadap kemampuan gerak dasar dan kemampuan lari lompat. Untuk melihat pengaruh permaianan tradisioanl terhadap kemampuan lompat Siswa Putra SD Negeri 196/IV Kota baru Kota Jambi Tahun Ajaran 2013/2014. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, hasil Uji statistik yang digunakan adalah t-test yaitu melihat pengaruh rerata hitung dalam satu kelompok yang sama pada taraf signifikan 0,05. Hasil tes awal (pre test) kamampuan gerak dasar siswa putra SD Negeri 196/IV Kota Baru Kota Jambi dengan jumlah sampel 30 orang, dari hasil analisi tes awal diperoleh nilai tertinggi 308,66, skor terendah 194,36, rata-rata (mean) 250, dan simpangan baku (SD) 28,71. Selanjutnya hasil tes akhir (post test) kemampuan gerak dasar setelah perlakuan diperoleh skor tertinggi 368,52, skor terendah 249,28, rata-rata (mean) 306,94, simpangan baku (SD) 27,88. Kesimpulan permainan tradisional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan gerak dasar siswa putra SD Negeri 196/IV Kota Baru Kota Jambi. Peningkatan kemampuan gerak dasar siswa putra SD Negeri 196/IV Kota Baru Kota Jambi ini adalah sebesar 56,94, yaitu dari skor rata-rata 250 pada pre test menjadi 306,94 pada post test Tahun Ajaran 2013/2014.
Full Text:
PDFReferences
A. Muri Yusup, 1985. Prosedur Penelitian. Bandung: Angkasa.
Arikunto Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Brian J. Sharkey, Phd, 2003. Kebugaran dan Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Burhan Bungin, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fuad Ihsan, 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gusril, 2004. Beberapa faktor yang berkaitan dengan kemampuan motorik siswa Sekolah dasar. Padang: UNP.
Gusril, 2009. Perkembang motorik pada masa anak-anak. Padang: UNP.
Ismaryati, 2008. Tes dan Pengukuran. Surakarta: LPP UNS.
Muhajir, 2003. Teori dan Praktik Pend. Jasmani. Bandung: Yudistira.
M. Yunus SB dan Rusli Luthan, 2004. Dasar-dasar Kepelatihan Olahraga. Jakarta: DEPDIKNAS.
Syarial, 2011. Pengaruh strategi pembelajaran dan lokasi sekolah terhadap kemampuan gerak dasar siswa sekolah dasar di kota padang. Padang: UNP.
Soemitro, 1992. Permainan tradisional. Jakarta: DEPDIKNAS.
Sudjana, 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sumadi Suryabrata, 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grafindo.
________, 2003. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Jakarta: DEPDIKNAS.
DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7837
Article Metrics
Abstract view : 583 timesPDF - 954 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Boy Indrayana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Physical Education, Health and Recreation
Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id
Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License