Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Lembing Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar lempar lembing yang didapat siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016 melalui gaya mengajar resiprokal. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Berdasarkan hasil tes lempar lembing sebelum siklus yang dilakukan pada siswa kelas kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016. Dari 27 siswa terdapat 5 siswa (18,51%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 40,50. Hasil dari siklus I terdapat 16 siswa (59,25%) dari 27 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,12. Di siklus II terdapat 23 siswa (85,18%) dari 27 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 86,80. Dapat dikatakan melalui penerapan gaya resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Adi, Winendra, 2008. Seni Olahraga Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Jakarta: Edisi Revisi V
Arikunto.S, dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Brotosuryo, dkk, 1992. Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Pendidikan Kependudukan Bagian Proyek Penataran Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D-II
Husdarta dan Syahputra Y.M, 2000. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dektoriat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Bagian Proyek Penataran Setara D-III
Jarver, Jess, 2009. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionir Jaya
Kristiyanto, Agus, 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jawa Tengah: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS
Kurniawan, Feri, 2011. Buku Pintar Olahraga. Jakarta: Laskar Graha
Mosston, Muska, 1999. Teaching Physical Education, Diterjemahkan Oleh Sudjarwo dan Furqon, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
Muklis, 2007. Olahraga Kegemaranku Atletik. Klaten: PT. Intan Pariwara
Nurkancana, W, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Propayanda, D. Rahmad, 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Stradlle Melalui Model Pembelajaran Bermain Pada Siswa Kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2014/2015. Jambi: Universitas Jambi.
Rahayu, T. Ega, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Cv.
Alfa Beta
Ridwan, Iwan, dkk, 2008. Atletik. Surakarta: PT. Widya Duta Grafika
Samsudin, 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera Prenada Media Group
Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Supandi, 1992. Strategi Belajar Mengajar Penjas. Jakarta: Depdikbud
Suryosubroto B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta.Rineka Cipta
Wiarto, Giri. 2013. Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9591
Article Metrics
Abstract view : 385 timesPDF - 309 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Arsil Arsil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Physical Education, Health and Recreation
Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id
Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License