PENINGKATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DI KECAMATAN LEIHITU BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH

Gracia V. Souisa, Ivy V. Lawalata, Samuel Titaley, Bellytra Talarima

Abstract


Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat SD Negeri 1 dan 2 Hatu, dilakukan berdasarkan permasalahan dari mitra yaitu pengetahuan yang masih rendah berdampak pada kurangnya perilaku hidup bersih dan sehat dari siswa/i, tidak adanya program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta tidak tersedianya fasilitas penunjang PHBS. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan membudayakan PHBS di sekolah. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan, pendampingan, praktek masal, dan pemeriksaan kecacingan. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Mei – Juni 2018. Hasil yang didapatkan adalah (1). Kegiatan penyuluhan bagi peserta didik di SD Negeri 1 Hatu, pengetahuan meningkat yaitu untuk nilai baik (≥ 70) dari 42 orang (87,5% - pretest) menjadi 45 orang (93,7% - posttest), dan nilai median meningkat dari 80 menjadi 90; (2). Kegiatan penyuluhan di SD Negeri 2 Hatu, pengetahuan siswa meningkat yaitu untuk nilai baik (≥ 70) dari 66 orang (86,9%) menjadi 71 orang (93,5%) dan nilai median meningkat dari 85 menjadi 90; (3). Kegiatan praktek meliputi cuci tangan, menggosok gigi dan memilah sampah; (4). Kegiatan Focus Discussion Group mendorong pimpinan sekolah dan guru untuk membudayakan PHBS; (5). Pemeriksaan kecacingan didapatkan 5 sampel positif Ascaris lumbricoides dari total 12 sampel. Kesimpulan, terjadi peningkatan pengetahuan peserta didik tentang PHBS, ada komitmen pimpinan sekolah untuk membudayakan PHBS.

Kata Kunci: Sekolah Dasar, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Abstract

Community Partnership Program Public Elementary School 1 and 2 Hatu, conducted based on the problems of partners that is still low knowledge impact on the lack of clean and healthy life behavior (CHLB) of students, the absence of CHLB program, and the unavailability of CHLB support facilities. The purpose of this activity is to increase knowledge and civilize PHBS in schools. The method used is counseling, mentoring, mass practice, and examination of worms. This activity was conducted in May - June 2018. The results obtained are (1). The extension activities for students in Public Elementary School 1 Hatu, improved knowledge for good grades (≥ 70) from 42 people (87,5% - pretest) to 45 people (93,7% - posttest), and median value increased from 80 to 90; (2). The extension activities at Public Elementary School 2 Hatu, the students' knowledge increased for good value (≥ 70) from 66 people (86,9%) to 71 people (93,5%) and median value increased from 85 to 90; (3). Practical activities include hand washing, brushing and disposing of garbage; (4). The Focus Discussion Group activities encourage school leaders and teachers to cultivate CHLB; (5). There were 5 positive samples of Ascaris lumbricoides from a total of 12 samples. Conclusion, there is an increase of learners knowledge about CHLB, there is commitment of school leadership to civilize CHLB.

Keywords: Public Elemnetary School, Clean and Healthy Life Behavior


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i3.11589

Article Metrics

Abstract view : 594 times
PDF - 2107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.