PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Nurmayani Nurmayani

Abstract


Dosen jurusan PGSD FIP UNIMED memandang perlu adanya pendidikan multikultural yaitu suatugerakan pembaruan dan inovasi pendidikan dalam rangka menanamkan kesadaran pentingnya hidupbersama dalam keragaman dan perbedaan, dengan spirit kesataraan dan kesederajatan, saling percaya,saling memahami dan menghargai persamaan, perbedaan dan keunikan Agama-agama, sehinggaterjalin suatu relasi dan interdependensi dalam situasi saling mendengar dan menerima perbedaanpendapat dalam pikiran terbuka , untuk menemukan jalan terbaik mengatasi konflik dan menciptakanperdamaian melalui kasih sayang antar sesama.Maka dari itu implementasi pendidikan multikultural tidak akan lepas dari konsep-konsep pembaharuanpendidikan, karena pembaharuan pendidikan mempunyai konsep konstruktif yang membentukterwujudnya pendidikan multikultural. Menurut Hujair A.H. Sanaky1, dalam melakukan pembaharuan,pendidikan diharapkan mengorientasikan tujuannya lebih bersifat problematis, strategis, aspiratif,menyentuh aspek aplikasi, serta dapat merespon kebutuhan masyarakat. Kemudian dari kerangka ini,tujuan yang dirumuskan meliputi aspek ilahiyyah (teoritis), fisik dan intelektual, kebebasan (liberal),akhlak, profesionalisme, berkualitas, dinamis, dan kreatif sebagai insan kamil dalam kehidupannya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i71.4709

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 395 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.