PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH

Sri Lestari Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (1) Perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara kelompok siswa yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan menggunakan Autograph dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving; (2) sikap positif siswa pada pembelajaran model Creative Problem Solving; (3) Perbedaan aktivitas siswa selama
pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Swasta Al-Masdar Batang Kuis. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis dengan uji – t, dengan menganalisa kemampuan pemahaman matematis siswa pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman matematis pada kelompok siswa yang menerapkan model CPS dengan
menggunakan Autograph lebih baik yaitu dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91,11 % sedangkan kelompok siswa yang menerapkan model CPS memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 85,71 %; (2) terdapat sikap positif siswa yang menerapkan model CPS dengan Atograph saat
pembelajaran berlangsung; (3) Siswa lebih beraktivitas saat pembelajaran melalui penerapan model CPS dengan menggunakan Autograph dibanding dengan siswa yang hanya menerapkan model CPS saja. Pembelajaran melalui penerapan model CPS dengan menggunakan Autograph merupakan suatu
alternatif bagi guru matematika yang memiliki fasilitas laboratorium di sekolahnya dalam menyajikan pelajaran matematika, sudah seharusnya pembelajaran matematika berbasis teknologi disosialisasikan penggunaanya di lembaga unit masing-masing sekolah yang memiliki fasilitas laboratorium komputer.
Penerapan model CPS dengan Autograph hendaknya disesuaikan dengan materi yang dianggap sulit dipahami siswa terutama pada penggambaran grafik suatu fungsi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i72.4763

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.