MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER
Abstract
Program kemitraan masyarakat di MAS Darul Falah ini bertujuan untuk mengadakan pembinaan perwujudan sekolah digital yang dapat diakses oleh guru dan peserta didik. Tujuan pendidikan juga untuk menghasilkan manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, pendidikan harus memasukkan kemajuan-kemajuan terkini dalam pembelajaran sehingga pengajaran yang diberikan dapat menghasilkan siswa yang lebih berkualitas. Inovasi yang ditawarkan bisa berupa media, alat peraga, atau metode yang digunakan guru untuk memfasilitasi pembelajaran. Karena pembelajaran bersifat cair dan dapat berubah tergantung situasi, maka diperlukan inovasi. Namun demikian, perbaikan harus mengacu pada kurikulum yang ada. Target khusus yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan guru MAS Darul Falah dalam mengembangkan pembelajaran menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker yang berbasis web. Pengoptimalan sekolah sebagai wahana mengembangkan salah satu literasi yaitu literasi digital. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan tahap persiapan melalui survei ke sekolah mitra untuk mengetahui masalah yang dihadapi para guru tentang penggunaan teknologi untuk pendidikan terutama di MAS Darul Falah, tahap koordinasi dengan mitra dan kepala sekolah di wilayah kerja mitra, perwakilan guru untuk
memilih aspek permasalahan yang prioritas untuk mendapat pemecahannya terkait dengan masalah sekolah dalam memberikan akses informasi baik berupa hasil belajar, proses pembelajaran, serta kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis kvisoft flipbook maker, serta wawancara kepada murid di MAS Darul Falah untuk mengkonfirmasi apa-apa yang telah dilakukan guru dalam mengeksplorasi pembelajaran, tahap pelaksanaan dengan cara melakukan pelatihan guru berkaitan bagaimana merencanakan pembelajaran yang terintegrasi dengan website, android dan komputer berbasis kvisoft flipbook maker. Bentuk partisipasi mitra yang disepakati dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah mengkoordinir guru-guru mitra, operator sekolah, mempersiapkan tempat serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama kegiatan sosialisasi, workshop/pelatihan berlangsung. Pada tahap evaluasi, dilakukan dengan post test mengenai kegiatan pelatihan tersebut.Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i4.49996
Article Metrics
Abstract view : 75 timesPDF - 123 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.