PENDAMPINGAN PRAKTIK BAIK SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah minimnya pengalaman guru-guru Sekolah Dasar (SD) yang dapat dijadikan sebagai best practice. Tujuan kegiatan ini memberikan tambahan pengalaman melalui pendampingan kepada guru-guru SD tentang Praktik Baik sebagai wujud implementasi Kurikulum Merdeka. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan ini dilakukan ke dalam empat tahap, antara lain: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) monitoring dan evaluasi, dan (4) tindak lanjut. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan peningkatan yang terliht secara signifikan bahwa guru-guru Sekolah Dasar sudah dapat mewujudkan Praktik Baiknya melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Microlearning Object. Hasil ini dapat dilihat dari output pendampingan, yaitu guru-guru sudah mampu membuat berbagai bentuk Microlearning Object menggunakan Canva berupa Poster, Power Point dan Video Ekplainer. Kesimpulan yang terlihat dari hasil pendampingan ini ialah meningkatnya pengalaman dan kemampuan guru-guru Sekolah Dasar dalam mengembangkan perangkat pembelajarannya berbasis Microlearning Object dengan menggunakan aplikasi Canva. Timbulnya kesadaran akan pentingnya pelaksanaan Praktik Baik sebagai bahan evaluasi dalam pengajaran. Serta terwujudnya pembelajaran yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka
Keywords
Pendampingan Microlearning Object, Kurikulum Merdeka, Praktik Baik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i1.56502
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 166 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.