PENYELENGGARAAN KEGIATAN MANASIK HAJI GUNA MEMBANGUN PENDIDIKAN SPIRITUAL ANAK-ANAK DI WILAYAH KELURAHAN TUREN
Abstract
Pelatihan manasik haji pada anak-anak berfungsi sebagai sarana untuk memperkenalkan dan memotivasi untuk berkeinginan menunaikan ibadah haji. Di era modern seperti saat ini teori tentang ibadah haji dapat diperoleh dengan mudah melalui berbagai media termasuk dalam materi pembelajaran di sekolah. Namun, praktek tata cara ibadah haji tidak cukup melalui teori. Atas dasar hal tersebut tim pengabdian UIN Malang yang berkolaborasi dengan KBIHU Masjid Al-Azhar Turen mengadakan kegiatan pelatihan manasik haji untuk anak-anak TPQ di Kelurahan Turen, Kab. Malang. Tujuan dari pelatihan manasik haji ini tidak hanya untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tetapi juga untuk menggugah semangat untuk pergi menunaikan ibadah haji maupun umrah. Dalam praktiknya kegiatan manasik haji ini menempuh enam rukun utama, dimulai dari persiapan keberangakatan di Makkah, wukuf di Arafah, singgah di Muzdalifah, lempar jumrah di Mina, thowaf di Ka’bah, serta melaksanakan Sa’I hingga tahallul. Hasil dari pengabdian masyarakat ini terbukti bahwa anak-anak di kelurahan Turen memiliki antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan ini, yaitu dengan jumlah peserta mencapai 80 peserta. Berdasarkan hasil wawancara, kegiatan manasik haji juga dapat menggugah pengetahuan mereka lebih dalam mengenai ibadah haji.
Keywords
Manasik Haji, Pendidikan, Anak-anak TPQ, Rukun Haji
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i4.56573
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 92 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.