PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MUKENA DAN KESET KAKI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Khairunnisa Harahap, Dita Amanah

Abstract


Abstrak

Tujuan kegiatan IbM ini adalah untuk meningkatkan daya saing usaha UPPKS Mukena dan keset kaki di kecamatan Percut Sei Tuan. Berdasarkan survey dan analisis situasi yang dilakukan maka dapat diidentifikasi permasalahan sebagai berikut : 1) Belum terorganisasinya pembukuan dengan baik. 2) pemasaran produk masih sangat seerhana belum menggunakan peran teknologi. Permasalahan yang paling utama bagi kelompok usaha ini adalah belum adanya produk mukena bordir yang beragam, sehingga kurang sesuai dengan permintaan pasar. Sedangkan untuk produk keset kaki, di perlukan gambar karakter keset kasi yang beragam serta ukuran produk yang berbeda pula sehingga hargany adapat bervariasi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka solusi yang ditawarkan UPPKS Mukena dan Keset Kaki adalah pelatihan dan pendampingan dalam membuat diversifikasi produk dan differensiasi produk sehingga dapat meningkatkan daya saing dan menaikkan omzet penjualan. Pelatihan dalam pembukuan dilakukan dengan memberikan pemahaman terkait dengan pencatatan kas masuk dan keluar, penghitungan harga pokok produksi dan pembuatan laporan keuangan. Pelatihan dalam pemasaran yaitu pemasaran yang melibatkan teknologi sehingga proses pemasaran bisa intensif dan juga masif. Metode yang dipakai dalam IbM ini adalah dengan menggunakan pelatihan dan pendampingan terkait dengan pembukuan dan pemasaran serta pembuatan produk yang bernilai ekonomi tinggi.
Kata Kunci : Daya Saing, IbM, Pendampingan, Pelatihan, Pembukuan, Pemasaran

Abstract

The purpose of this IbM activity is to improve business competitiveness of UPPKS Mukena and doormat foot in Percut Sei Tuan district. Based on survey and situation analysis that can be identified problem as follows: 1) Not well organized bookkeeping. 2) product marketing is still very simple yet use the role of technology. The most important problem for this business group is the absence of various embroidery mukena products, so it is less in line with market demand. As for the product of the foot mat, in need of drawing character of mats are different and the size of different products so that hargany adapat vary. Based on the problems faced by partners, the solutions offered by UPPKS Mukena and Keset Kaki are training and assistance in making product diversification and product differentiation in order to increase competitiveness and increase sales turnover. Training in bookkeeping is done by providing an understanding related to the recording of cash in and out, calculation of cost of goods production and preparation of financial statements. Training in marketing is marketing that involves technology so that the marketing process can be intensive and also massive. The method used in IbM is by using training and assistance related to bookkeeping and marketing and manufacturing of high value economic products. Keywords: Competitiveness, IbM, Assistance, Training, Bookkeeping, Marketing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i1.8940

Article Metrics

Abstract view : 634 times
PDF - 756 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.