PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER
Abstract
Keywords: Mathematical Problem Solving Abilities, TAI, NHT
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M., (2012), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, S., (2009), Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Farnika, N., Ikhsan, M., dan Sofyan, H., (2015), Peningkatan Kemampuan Pemahahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Jurnal Elemen, Vol.1, No.2, hal:144-152.
Harahap, E. R. dan Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel, Edumatica, 7(1), 44-54.
Hudojo, H., (2015), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Universitas Negeri Malang, Malang.
Istarani, (2012), 58 Model Pembelaran Inovatif, Media Persada, Medan.
Novriani, M. R. and Surya, E. 2017. Analysis of Student Difficulties in Mathematics Problem-Solving Ability at MTs SWASTA IRA Medan. International Journal of Science Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 63-75.
Rosli, R., Dianne. G., dan Mary, M.C., P(2013). Assesing Students Mathematical Problem Solving and Problem-Posing Skills, Asian Social Science, Vol.9, No.16. ISSN: 1911-2017. E-ISSN: 1911-2025.
Rusman, (2014), Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Slavin, R.E., (2005), Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.
Sumiati, dan Asra, (2013), Metode Pembelajaran, CV Wacana Prima , Bandung.
Surya, E. 2009. Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4 (1), 14-17.
Surya, E., dan Rahayu, R., (2014), Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP AR-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD), Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, Vol. 7, No. 1, Hal: 24-34.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v4i1.10761
Article Metrics
Abstract view : 219 timesPDF - 297 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :