PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN

Mely Sari Situmorang, Katrina Samosir

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Selatan.. Jenis penelitian ini adalah  penelitian  tindakan kelas (classroom  action  research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2  yang berjumlah 35 orang. Berdasarkan  Hasil analisis siklus I dari nilai Test Hasil Belajar I diperoleh nilai rata-ratanya 55,42. Sebanyak 10 siswa (28,57%) tuntas dalam belajar sedangkan 25 siswa (71,42%) tidak tuntas. Dan hasil analisis siklus II dari nilai Tes Hasil Belajar II nilai rata-ratanya 72,28. Sebanyak 31 siswa (88,57%) tuntas dalam belajar sedangkan 4 siswa (11,42 %) tidak tuntas dalam belajar.Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan individu mencapai 88,57% yang memperoleh nilai 65 dan siswa lainnya atau 11,42% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas. Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria tinggi, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi untuk guru pada siklus I sebesar 2,23 meningkat pada siklus II menjadi 3,02. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model PBL  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem linier dua variabel di kelas VIII-2  SMP.

Kata kunci : PBL, Hasil Belajar Matematika, SPLDV

Abstrac. This study aims to determine the improvement of mathematics learning outcomes of students by using PBL (Problem Based Learning) model on the material of Two Variable Linear Equation System in class VIII SMP Negeri 1 Rantau Selatan. This type of research is a classroom action research. Subjects in this study were students of class VIII. This study is a classroom action research conducted in 2 cycles which each cycle is held in 2 meetings. Subjects in this study were students of class VIII-2 which amounted to 35 people. Based on the results of the analysis of the cycle I of the value of Test Results I obtained an average score of 55.42. A total of 10 students (28,57%) complete in learning while 25 students (71,42%) not complete. And the result of analysis of cycle II from test result of result of learning II average value 72,28. A total of 31 students (88,57%) complete in learning while 4 students (11,42%) not complete in learning. Student learning completeness in class and individual reach 88,57% which get value of 65 and other student or 11,42% get value <65, then this learning is said to be complete. The level of mastery of students from the test of learning II reaches a high criterion, then this learning is said to have been achieved. Implementation of learning based on observations for teachers in cycle I of 2.23 increased in cycle II to 3.02. Based on the results of this study can be concluded that PBL  model can improve student learning outcomes on two-variable linear system material in class VIII-2 SMP.

Keywords: PBL, Mathematics Learning Outcomes, SPLDV


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. 2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Adinawan, M. 2006.Matematika Untuk SMP Jilid 2A Kelas VIII, Erlangga, Jakarta.

Amir, T. 2009.Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning,Kencana, Jakarta.

Bungel, Moh. Fikri, (2014), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma, Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 2, Nomor 1

Djamarah, S.B.2006.Strategi Belajar Mengajar,Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Erman, S. 2009.Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematik, (http://educare.e-fkipunla.net) diakses 23 juli 2012.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri, (2010). Buku Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan, FMIPA Unimed.

Ibrahim, M, dkk, 2000.Pembelajaran Kooperatif, Penerbit University Press, Surabaya.

Nasution,P.R, dkk.2015. Dan di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Matematika Paradigma.Vol 8 No.3.

Novriani, M. R., Surya, E. 2017. Analysis of Student Difficulties in Mathematics Problem Solving Ability at MTs SWASTA IRA Medan, International Journal of Sciences Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 63-75.

Rusman. 2012.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer.Alfabeta: Bandung.

Sanjaya, W. 2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar, Grafindo, Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

_________.2010.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana,N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sukino, dan Wilson, S. 2006. Matematika untuk SMP kelas VIII, Penerbit Erlangga, Jakarta

Suprijono, A. 2009.Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Surya, E. Sabandar, J. Kusumah, Y.S. dan Darhim, 2013. Improving Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. Journal on Mathematics Education, 4(1), 113-126.

Surya, E. and Syahputra, E. 2017. Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on The Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10(8), 12-20.

Trianto. M. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka, Jakarta.

_________.2010, Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.

Yuniara ,dkk.2017. Application of Problem Based Learning to Students’ Improving on Mathematics Concept of Ability. Internasional Journal of Sciences : Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 261-269. ISSN 2307-4531




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v4i1.10773

Article Metrics

Abstract view : 555 times
PDF - 1250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter