ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA BARU DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL KALKULUS INTEGRAL TAK TENTU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa baru dalam mengerjakan soal-soal kalkulus integral tak tentu. Dalam melakukan penelitian ini 5 (lima) mahasiswa baru dipilih sebagai responden. Mahasiswa tersebut sudah mempelajari mata kuliah kalkulus integral dan diberikan 5 (lima) butir soal dengan tingkat kesulitan soal mudah dan sedang. Dari hasil yang didapat bahwa seorang mahasiswa mampu mengerjakan dan memperoleh hasil yang benar 4 buah dari lima soal yang diberikan. Satu mahasiswa memperoleh tiga jawaban yang benar dari lima soal yang diberikan. Satu orang mahasiswa hanya mampu memperolah dua jawaban yang benar dari lima soal yang diberikan dan dua orang mahasiswa tidak mampu mendapatkan satu pun hasil akhir yang benar. Dari analisis jawaban respondan dan wawancara yang dilkukan ternyata mereka belum memahami konsep integral tak tentu dan prosedur pengerjaan soal.
Kata kunci: kalkulus integral, mahasiswa, soal
ABSTRACT
This study aims to determine the errors of new students in working on indeterminate integral calculus questions. In conducting this study 5 (five) new students were selected as respondents. The student has studied integral calculus courses and given 5 (five) items with difficulty and easy problems. From the results obtained that a student is able to work on and obtain the correct results 4 pieces of the five questions given. One student gets three correct answers from the five questions given. One student is only able to get two correct answers from the five questions given and two students are not able to get even the correct final results. From the analysis of respondent's answers and interviews, it turned out that they did not understand the concept of indeterminate integrals and the procedure of working on the questions.
Keywords: integral calculus, students, questions
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman. M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Athira, A. M., Bennu, S., & Rizal, M. (2015). Analisis kemampuan siswa SMP di Kota Palu dalam memecahkan masalah segiempat berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, IV(1), 72-79. Basir
Hikmawati, Kamid, & Syamsurizal. (2013). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii madrasah tsanawiyah. Tekno-Pedagogi, III(2), 1-11.
Leithold, L. 1993. Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik Jilid 2 (Alih Bahasa oleh S. M. Nababan). Jakarta: Erlangga.
Nurafni. (2016). Gaya kognitif field independent mahasiswa terhadap pemahaman konsep limit. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK) I diselenggarakan pada 13 Agustus 2016 (h.230-239). Semarang: Prodi. Pend. Matematika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, I(2), 165-174.
Surya, E., Sabandar, J. Kusumah, Y.S., Darhim. (2013). Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E, Vol. 4 No. 1, pp. 113-126
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.11324
Article Metrics
Abstract view : 339 timesPDF - 1284 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :