PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DISMPN 1 SEI BINGAI

Ami . Amanda, Edi . Syahputra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran example non example pada materi untuk siswa kelas VII SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan VII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan.Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil post-test kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06.
 
Kata kunci: perangkat pembelajaran, Model Pembelajaran Example Non Example, kemampuan spasial.
 
 
ABSTRACT

This study aims to develop learning tools in the form of learning implementation plan (RPP) and student activity sheet (LKS) based on learning mathematics based on learning model example non example on the material for students of grade VII SMP oriented on students' spatial ability. The quality of learning devices refers to aspects of validity, practicality, and effectiveness. Learning device development procedure refers to the 4-D development model, Define, Design, Development, and Disseminate. Due to the limitations of researchers, research is done up to the develop stage. The subjects of this study are students of class VII-1 and VII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai. The instruments used to measure the quality of instructional tools developed are RPP and LKS assessment sheets to measure validity, questionnaire responses of students to measure practicality spatial ability test students to measure effectiveness. Quality of validity and learning tools meet valid criteria based on average RPP score of 3 , 5 of maximum score 4.0 with good criteria and LKS average score is 3.8 from maximum score 4.0 with very good criteria. The quality of the practicality of instructional tools meets the practical criteria based on the average score of 93.86% student response questionnaires from 100% maximum with very good criteria. The quality of the effectiveness of the learning tools meets the effective criteria based on the improvement of post-test results of students' spatial ability of trial I and trial II with an increase of 3.06.
 
Keywords: learning tool, realistic approach, spatial ability


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kadikma,(2013), Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013, Jurnal Matematika Vol. 6, No. 1, hal 85-94, April 2015

Kristanti, Dian dan Julia, Sri. 2017. Pengembanagn Perangkat Pemeblajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inkluisi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, Vo.4, No.1 Tahun 2017.

Maulidya S,Surya, E., and Syahputra, E.. 2017. The development of Mathematic Teaching Material Through Realistic Mathematics Education To Increase Mathematical Problem Solving Of Junior High School Students. Internasional Journal Of Advance Reserch And Innovation Ideas In Education, Vol-3 Issue-2 2017, ISSN(0)-2395-4396, February 2017

Murdani. Arifin, M., dan Jhosua, (2013), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa Di Smp Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158

Noviani, Jumraul, Syahputra, E.,and Murad, Abdul.2017. The Effect Of Realistic Mathematic Education (RME) In Improving Primary School Students’ Spatial Ability In Subtopic Two Dimension Shape. Journal of education and practice, Vol 8,No.34,2017, ISSN 2222-1735

Nurrokhmah, F. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP. Yoyakarta: UNY

Prasetyo, Yogi. 2017. Deskripsi Kemmapuan Spasial Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Gender Dan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah. Vol. 5, No.1 Tahun 2017

Siswanto, Rizki Dwi, dan Kusumuh,Yaya S.2017. Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP Melalui Pembelajaran INkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan. Vol.10, No. 1 tahun 2017

Syahputra, E., 2011. Implementation Of Curriculum On Improving Spatial Ability With Realistic Mathematics Approach. Jurnal Internasional Seminar Educational Comparative In Curriculum For Active Learning Between Indonesia And Malaysia. Vol.0, Tahun 2011.

Syahputra, E. 2013. Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik, Cakrawala Pendidikan, November 2013, Th. XXXII, No. 3, hal 354

Syarah, Fatmah.,Syahputra, Edi.,and Amin Fauzi,M. 2013. Peningkatan kemampuan Spasial dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Tabularasa PPS UNIM Vol.10 No.3, hal 189-200

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovati-Progresif. Jakarta: CerdasPustaka Publisher

Wijayanti, Seotiana dan Sungkono,Joko. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengacu Model Creative Problem Solving Berbasis Somatic,Auditory,Visualization, Intellectually. Jurnal Pendidikan MAtematika, Vol.8, No.2 Tahun 2017: 101-110




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i1.13524

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter

slot gacor slot