PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PROBLEM POSING DI KELAS VIII SMPN 2 TARUTUNG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Open-Ended dan Problem Posing di kelas VIII SMP pada topik Teorema Phytagoras. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment).Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruh siswa 195 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikrandomsampling. Maka terpilihlah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 siswa.Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk tes uraian sebanyak 5 soal pretest dan 5 soal posttest yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrument tes tersebut sebelumnya di validasi oleh empat validator yang terdiri dari 2 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika, dan 32 orang siswa kelas IX-A dan telah dinyatakan valid.Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen 1 dengan pendekatan Open-Ended diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 46,25806 dan kelas eksperimen II dengan pendekatan Problem posing sebesar 42,58064. Hasil uji t dua arah dengan dk = 62 dan diperoleh bahwa -thitung< -ttabel atau ttabel > ttabel dengan dk=62 yaitu atau yang berarti ditolak dan diterima. Dalam hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Open-Ended dan Problem Posing,.
Kata kunci : Kemampuan Komunkasi Matematis, Pendekatan Open-Ended, Pendekatan Problem Posing
ABSTRACT
This study aims to examine differences in students' mathematical communication skills taught by Open-Ended approach and Problem Posing in Grade VIII SMP on the topic of Phytagoras Theorem. This research is a quasi experiment (quasi experiment). The population in this study is class VIII consisting of 6 classes with the total number of students 195 students. Sampling was done by random sampling technique. So elected class VIII-A as experiment class I which amounted to 32 students and class VIII-E as experiment class 2 which amounted to 32 students. This study uses the instrument in the form of a description test of 5 pretest questions and 5 posttest questions used to measure students' mathematical communication skills. The test instrument was previously validated by four validators consisting of 2 lecturers of mathematics, 1 mathematics teacher, and 32 students of class IX-A and has been declared valid. From the result of the research after being treated for two meetings, the experimental class 1 with the Open-Ended approach obtained the average value of students' mathematical communication ability of 46.25806 and the second experimental class with Problem Posing approach of 42,58064. Result of two-way t test with dk = 62 and α = 0,05 obtained that –tcount<–t table or tcount>t table with dk = 62 that is -2,153323 <-2,0006667 or 2,153323> 2,0006667 which means H0 rejected and Ha accepted. In this case there is a difference in the ability of students' mathematical communication taught with Open-Ended approach and Problem Posing.
Keywords: Mathematical Communication Skill, Open-Ended Approach,Posing Problem Approach
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Elida, N. 2012.Jurnal Ilmiah Program Studi STKIP Siliwangi Bandung, Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW).Vol 1, No.2: 178-185.
(e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.phpinfinityarticleview1716), diakses 6 april 2017 16:33)
Endriana, N. 2010.Perbandingan Pendekatan Open-Ended dengan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Geometri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA.Jurnal educatio Vol.5 No. 2, Desember 2010, hal, 55-74.
Fachrurazi.2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.Journal Edisi Khusus No.1: 76-89 ISSN 1412-566X. (http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf, diakses 6 april 2017 16:3 0)
Fatah, dkk. 2016. Journal on Mathematics Education Vol 7, Open-Ended Approach: An Effort in Cultivating Students’ Mathematical Creative Thinking Ability and Self-Estem in Mathematics. (http://jurnal.upi.edu/file/abdul_fatah.pdf, diakses 6 april 2017 16:48)
Lestari, E.K., Yudhanegara, R.M. 2015.Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT.Refika Aditama.
Lestari, N, dkk. 2016. Pengaruh pendekatan open-ended terhadap penalaran matematika siswa sekolah menengah pertama palembang. Jurnal pendidikan matematika. Volume 10 No. 1 : 81- 96.
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta.
Sary, dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau Tahun.Pelajaran.2015/2016.(http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/jurnal%20rina%20novita%20sary.pdf diakses pada 4 april 2017 15.35)
Unal dan Arikan. 2015. An Investigation Of Eight Grade Student’s Problem Posing Skills(Turkey Sample). International Journal of Research in Education and Science. Vol 1, Issue 1, Winter. ISSN : 2148-9955
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i1.13539
Article Metrics
Abstract view : 71 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :