PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM -BASED LEARNING SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SIABU
Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning di kelas VIII MTs Negeri Siabu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh VIII MTs Negeri Siabu yang berjumlah 8 kelas kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII B dan VIII C yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk uraian soal. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sedangkan posttest digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t 2 pihak dengan dk = 58 dan = 0,05, maka diperoleh thitung = 1,728 dan ttabel = 1,6723 sehingga thitung ttabel yaitu 1,7281,6723 maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Problem-Based Learning di MTs Negeri Siabu.
Kata Kunci : Discovery Learning, Problem-Based Learning dan penalaran matematis.
.
ABSTRACT
The type of this research is quasi-experiment. This study aims to determine the differences in the ability of mathematical reasoning between students taught by using the Discovery Learningmodel with the students taught by using a Problem-Based Learning model at grade VIII MTs Negeri Siabu. Population in this research is all of students class VIII MTs Negeri Siabu which amounts to 8 classes then do sampling by using random sampling technique. Samples taken as many as 2 classes of classes VIII B and VIII C, each of which amounted to 30 students. The instrument of data collection used is pretest and posttest which in the form of problem description. Pretest is used to determine students’ early skills. While posttest is used to know the difference of students’ mathematical penalaran ability after given different treatment. The data analysis of experimental class by using t-test two tail with dk = 58 and significance level = 0.05, it was obtained that tcalculation = 1,728 and ttable = 1,6723 so tcalculation ttablesame 1,728 1,6723 then H0 is rejected and Ha is accepted. The result showed that there is different in student’s mathematical re with by using Discovery Learning model and Problem-Based Learning model at grade VIII MTs Negeri Siabu.
Keywords : Discovery Learning, Problem-Based Learning and mathematical reasoning
.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, H. (2015). “Peningkatan Kemampuan penalaran Matematika Materi Trigonometri melalui penerapan Model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik Pada kelas X SMA Negeri 11 Makassar”. Jurnal Daya Matematis. 3(3)
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rineka Cipta. Jakarta
_________. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astriani, N., Surya, E., dan Syahputra, E. (2017). The Effect of Problem Based Learning to Students’ Mathematical Problem Solving Ability. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(1), 3441-3446.
Astuti, S. (2017). “Pengembangan bahan ajar matematika dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman prinsip-prinsip matematika dan kemampuan penalaran logis siswa di SMA N 1 Jarai Kabupaten Lahat”.Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1)
Bachry, S. (2013). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif.Jakarta : Kencana Predanamedia.
Choir, N., dan Marsigit.(2015). “Pengaruh pendekatan Discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar.kemampuan penalaran. kecerdasan emosional spiritual”. Jurnal riset Pendidikan Matematika. 2(2): 2477-1503.
Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the students’ mathematical problem solving ability by applying problem based learning model in VII grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138-144
Hasratudin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?.Medan : Perdana Publishing.
In’am, Ikhsan. (2016). “Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach”.International Journal of Instruction.10(1) : 1308-1470
Karunia, dan Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.
Kemendikbud.(2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran berbasis Masalah. Suska Journal of Mathematics Education.2(2) : 2540-9670
Ngalimun.(2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
Oktafoura. S. dan Rini.. (2016) Pengaruh Model pembelajaran Discovery Learning dan problem based learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1)
Peranginangin, S.A., and Surya, E. (2017). An analysis of students’ mathematics problem solving ability in VII grade at smp negeri 4 pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 57-67
Pranoto. H., dkk.. (2017) Perbandingan Model Pembelajaran Prolem Based Learning dan Guided Discovery learning terhadap keaktifan siswa kelas X SMA. Jurnal edukasi.10(1): 2549-0605
Rosarina. G..dkk. (2016) Penerapan Model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1)
Rusman.(2014). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Ke 2. Rajawali Pers. Jakarta.
Simamora, R.E, Sidabutar, D.R. dan Surya, E. (2017). “Improving Learning Activity and Student Problem Solving Skill Trough Problem Based Learningin Junior Higt School. International Journal Of Science Basic and Applied Research .33(2): 2307-4531
Supriyanto, B. (2014) Penerapan Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI B mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 kecamatan tanggul kabupaten Jember. Pancaran.3(2 )
Sumiati.dan Asra. (2013). Metode Pembelajaran. CV.Wacana Prima. Bandung
Trianto.(2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Kencan. Jakarta.
Yuniara, P. dan Surya, E. (2017). “Aplication Of Problem Based Learning to Students Improving on Mathematis Concept of Ability”. International Journal Of Science Basic and Applied Research, 33(3): 2307-4531
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i2.15435
Article Metrics
Abstract view : 234 timesPDF - 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :