PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP N 15 MEDAN
Abstract
ABSTRACT This study aims to: (1) Know the effectiveness of teaching materials developed through Realistic Mathematics Approach (PMR) to improve students' mathematical problem solving abilities (2) To understand the improvement of mathematical problems of students who are given realistic mathematics learning using developed materials. The type of research used is development research which refers to Thiagarajan, Semmel and Semmel model that is 4-D model (define, design, develop, and disseminate). Due to the limitations of researchers, research is done to the stage of develop. The subjects of this study were students of class VIII-4 on Test 1 and VIII-6 on Trial 2 SMP Negeri 15 Medan. The research instrument used is the RPP and Teaching Assessment sheets to measure the prevalence, problem-solving test, student response questionnaire and teacher's ability observation sheet to manage the learning. The result of the research shows that: (1) the teaching materials developed have fulfilled the criteria of effectiveness by: (a) learning completeness has classically exceeded the minimum limit of 90% in the 2nd test (b) the achievement of indicator / completeness of learning objectives has been achieved for each indicator in the second trial (c) the ability of the teacher to manage the learning of 3.03 and (d) the learning time does not exceed the usual learning that is the same time achievement as the normal learning on the first and second experiments (2) the students' mathematical problem solving ability the increase with many completed students in the first 25% trial increased by 65% to 90% in the trial 2. (3) the student's response to teaching materials developed through the Realistic Mathematics Approach (PMR) was positive. Overall research results are found in teaching materials that are effective in improving students' mathematical problem solving abilities.
Keywords:Teaching Materials, Realistic Mathematical Approach, Problem Solving
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui efektivita sbahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan kemampuan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop,dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 pada Uji Coba 1 dan VIII-6 pada Uji Coba 2 SMP Negeri 15 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan Bahan Ajar untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, angket respon siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu sebesar 90% pada uji coba ke 2 (b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indicator pada uji coba ke 2 (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,03 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba 1 dan 2 (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyk siswa yang tuntas pada pada ujicoba 1 25% meningkat sebesar 65% menjadi 90% pada uji coba 2. (3) respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Pendekatan Matematika Realistik, Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M., (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Amir, Zubaidah dan Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo. As’ari, Abdur Rahman, dkk. (2016). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: PusatKurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Astriani, N. ,Surya, E. dan Syahputra, E. (2017). The Effect of problem Based learning to Student’ Mathematical Problem Solving Ability, International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(10, 34413446 Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu Publisher. Harijanto, Mohammad.(2007). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Vol.2.No.1 Maret 2007:2016-226 Hasratuddin. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 2, Desember 2010. Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika ?.Perdana Publishing, Medan. Hudojo,Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press Husamah, dan Setyaningrum Y. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pancapaian Kompetensi. Malang: Prestasi Pustaka Lestari, L., dan Surya, E., (2017). The Effectiveness of Realistic
Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Volume 34, Nomor 01,ISSN: 2307-4531. Sitorus, E. N., & Surya, E. (2017). The Influence of Teams Game Tournament Cooperative Learning Model on Student’ Creativity Learning Mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 34, No 1. p 16-24.
Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of
Mathematics and Education,Vol. 2 No. 3 Tahun 2015. ISSN 24077925. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta. Soedjadi, R. (2010). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Jakarta Suhendar, Uki. (2016). Pengembangan Modul Materi Statistik BerbasisPendekatan PMR Bagi Siswa SMK Brawijaya Ponorogo Kelas XI. Jurnal Silogisme:Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajaranya, Volume 01,Nomor01,Oktober 2016,ISSN: 2527-6182. Suherman, Erman (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI, Bandung. Surya, E., Putri, F., & Mukhtar (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and SelfConfidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Volume 8,
Nomor 01, ISSN: 2087-8885. Surya, E. (2013).Analisis Pemetaan dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA Di Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 Nomor 1, hal 75-88. Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group. Wardhani, Sri danRumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil
Belajar Matematika SMP Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan dan Tenaga Kependidikan (PPPTK) Matematika. Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu AlternatifPendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i2.17266
Article Metrics
Abstract view : 202 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :