PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SANTA MARIA MEDAN

Lidia Wira H Pandiangan, Edy . Surya

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning dan untuk mengefektifkan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMPS Santa Maria Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi guru dan tes kemampuan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMPS Santa Maria Medan berjumlah 30 siswa.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to improve students 'mathematical problem solving abilities after the application of the Problem-Based Learning model and to make the Problem Based Learning model effective in improving students' mathematical problem-solving abilities in class VIII of SMPS Santa Maria Medan. This research is a classroom action research with data collection techniques through teacher observation sheets and student ability tests. The subjects in this study were class VIII-1 Santa Maria High School Medan Medan totaling 30 students.

Keywords: Problem-Based Learning, Mathematical Problem Solving


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta : Prenamedia Group

Amalia, P. dan Sura, E. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Statistika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan TPS. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, Vol. 8, No. 1, 8-14.

Amalia, E., Surya, E. dan Syahputa, E. (2017). The Effectiveness of Using Problem Based Learning (PBL) in Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. International Jurnal of Mathematic Education-IJARIIE, Vol.3, Issue 2, 3402-3406.

Amri, S. (2016). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Butar-Butar, R.M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPS Pahlawan Nasional Medan, Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Fadlilah N. dan Surya, E. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Eliciting Activities dan Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 38 Medan. Jurnal Inspiratif, Vol. 3, No.1, 1-9.

Harahap, E.R. dan Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No.1, 44-54.

Hidayah, M. dan Sutama. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1-12.

Inayah, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematika Siswa Jurnal Pendidika Matematika, Vol. 3, No.1, 1-16.

Kunandar. (2015). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama

Nadhifah, G. dan Afriansyah, E.A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1, 33-44.

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Ombak

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol.1, No 1, 24-44..

Purba, G.I.D. and Surya, E. 2020. The Improving of Mathematical Understanding Ability and Positive Attitudes of Unimed FMIPA Students by Using the Contextual Teaching Learning (CTL) Approach. The 6th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1462 (2020) 012019.

Rusman. (2017). Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Samosir, R. N dan Surya, E. (2017). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.

Simamora E., Sidabutar, D.R. dan Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill Through P roblem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Jurnal of Science Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 33, No.2, 321-331.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sumadayo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Graha Ilmu

Yudhanegara, M. R. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Kecemasan Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran, Vol. 2, No.2, 119-130.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.18761

Article Metrics

Abstract view : 998 times
PDF - 862 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter