PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Dolok Masihul yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 252 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretest dan posttest dari kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest sebesar 53,4722 dan posttest sebesar 81,7708 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 untuk pretest sebesar 51,3888 dan posttest sebesar 78,2986. Hasil uji t dengan dua arah dengan dk = 70 dan a = 0,05, diperoleh data pretest dngan thitung = 0,6946 dan ttabel = 1,6698 sehingga ttabel > thitung yaitu 1,6698 > 0,6946 maka H0 diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa sebelum diberi perlakuan siswa mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan pada data posttest diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 1,6971 > 1,6698 yang berarti diterims Ha sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Dolok Masihul.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis.
ABSTRACT
The purpose of this research is to see that there are differences in mathematical communication skills of students taught with the Jigsaw and Think Pair Share cooperative learning models at SMA Negeri 1 Dolok Masihul . This type of research is quasi-experimental. The population in this study were all students of class X Semester I of SMA Negeri 1 Dolok Masihul consisting of 7 classes with a total of 252 students. Sampling was done by simple random sampling by taking 2 classes from 7 classes randomly, namely experimental class 1, amounting to 36 people and experimental class 2, totaling 36 people. The instrument used to determine students' mathematical communication skills is a mathematical communication ability test that has been validated in the form of a description. The results showed that the pretest and posttest data from experimental class 1 using Jigsaw learning model and experimental class 2 with Think Pair Share learning model obtained the average value of the experimental class 1 pretest of 53.4722 and posttest of 81.7708 and the average value The experimental class 2 for pretest was 51,3888 and posttest was 78,2986. The results of the two-way t test with dk = 70 and a = 0.05, obtained pretest data with t count = 0.6946 and t table = 1.6698 so that t table> tcalculation is 1.6698> 0.6946 then H0 is accepted, thus concluded that before being treated the students have the same initial ability. Whereas in the posttest data it was found that tcalculation> ttable is 1.6971> 1.6698, which means that Ha ha can reach the conclusion that there are differences in students' mathematical communication skills taught by using Jigsaw and Think Pair Share cooperative learning models at SMA Negeri 1 Dolok Masihul.
Keyword : Model Cooperative Learning Jigsaw and Think Pair Share, Mathematical Communication
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ansari, B.I. (2016). Komunikasi Matematik (Konsep dan Aplikasi). Banda Aceh: Pena
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Izzati, N., dan Suryadi, D. (2010). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Hal: 721-729, ISBN : 978-979-16353-5-6
Purba, G.I.D. and Surya, E. (2020). The Improving of Mathematical Understanding Ability and Positive Attitudes of Unimed FMIPA Students by Using The Contextual Teaching Learning (CTL) Approach The 6th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1462 (2020) 012019.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sudjana. (2009). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sugianto, D. A., dan Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD ditinjau dari kemampuan penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.1, No.1, ISSN: 2355-4185
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sumiati dan Asra. (2016). Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Suratno. (2014). Keefektifan Pembelajaran Tipe TPS dan Jigsaw Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. Pythagoras:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9,
Tifany, F., Surya, E., Panjaitan , A. and Syahputra, E. (2017). Analysis
Mathematical Communication Skills Student at The Grade IX Junior High School.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19070
Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF - 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :