PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE DI KELAS XI SMAN 3 MEDAN

Netty . Nababan

Abstract


 ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah memproses dan menghasilkan media pembelajaran berbasis Geogebra yang berkualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developmet, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMAN 3 Medan dengan jumlah peserta didik 33 orang. Prosedur penelitian terdiri dari atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahap analisis yaitu analisis profil pelajar dan deskripsi kendala, analisis kebutuhan, pernyataan masalah dan analisis tugas.Tahap desain yaitu mendesain produk dan perangkat. Tahap pengembangan yaitu mengembangkan produk dan perangkat pembelajaran serta melakukan validasi. Tahap implementasi yaitu menerapkan media pembelajaran. Tahap evaluasi yaitu melakukan tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi, angket respon peserta didik dan guru, observasi keterlaksanaan penggunaan media dan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan oleh ahli media dikategorikan “valid“ dengan nilai rata-rata 4,06 dan oleh ahli materi dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 4,02, sedangkan angket respon guru, dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 4,2 dan angket respon siswa dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 4,39. Respon guru dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 90%, sedangkan respon peserta didik terhadap media dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 89%. Kepraktisan dalam keterlaksanaan penggunaan media dikategorikan “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,38. Aktivitas peserta didik dikategorikan “sangat aktif” dengan nilai rata-rata 3,55. Tes hasil belajar dengan nilai klasikal ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis geogebra yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, model ADDIE, media pembelajaran, geogebra.

ABSTRACT

The purpose of this study is to produce quality Geogebra-based learning media that is valid, practical and effective. This type of research is research and development with the ADDIE development model (Analysis, Design, Developmet, Implementation, Evaluation) developed by Robert Maribe Branch. The subjects of this development product trial were students of class XI MIA 2 SMAN 3 Medan with 33 students. The research procedure consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The analysis phase is the analysis of student profiles and description of constraints, needs analysis, problem statements and task analysis. The design stage is designing products and devices. The development phase is developing products and learning tools and validating. The implementation phase is implementing learning media. The evaluation phase is to test student learning outcomes after using the media. The research data were obtained using a validation questionnaire, questionnaire responses of students and teachers, observation of the use of the media and the activities of students and student learning outcomes tests. Product development by media experts is categorized as "valid" with an average value of 4.06 and by material experts categorized as "valid" with an average value of 4.02, while the teacher's questionnaire responses, are categorized as "valid" with an average value of 4, 2 and the student response questionnaire was categorized as "valid" with an average value of 4.39. Teacher responses were categorized as "very strong" with an average response of 90%, while students' responses to the media were categorized as "very strong" with an average response of 89%. Practicality in the use of media is categorized as "very good" with an average value of 3.38. Student activities are categorized as "very active" with an average value of 3.55. Learning achievement test with 100% completeness. So it can be concluded that the geogebra-based learning media developed can be used in learning.

Keywords: Research and development, ADDIE model , learning media, geogebra.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustinah. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Dasar-Dasar Elektronika Di SMA Negeri 2 Belopa. Thesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Makasssar

Angko, Nancy., Mustaji. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan. Vol 1. No 1. Hal 1-15.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Arsyad, N. 2016. Model Pembelajaran Menumbuhkembangakan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Branch, R M. 2009. Instructional Design : The ADDIE Approach. New York : Springer Science & Business Media, LLC.

Depdiknas. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Depdiknas.

Emut. 2011. Mengajar Matematika Dengan Menggunakan Media. Yogyakarta: UNY.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamdan. 2014. Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Spatial Ability Siswa SMP. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan : Perdana Publishing

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. 2004. Combination of dynamic geometry , algebra and calculus in the software system GeoGebra. Retrieved from https://archive.geogebra.org/static/publications/pecs_2004.pdf.

, Markus. dkk. 2008. Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. Monterrey, Mexico. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/58b4/1d9c8662c6301d9a655532751a45d7500413.pdf

Hidayat, F. N., & Tamimuddin. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Kusumawardhana, M. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Adobe Flash CS4 Profesional Berbentuk Game Pendidikan Ular Tangga Pintar untuk Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas XI SMKN 2 Purwerejo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyatiningsih, E. 2012. Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press.

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content Package by Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research Vol 1. No 3. Hal 52-54.

Muttaqin, Z., dan Amin, Siti Maghfirotun. 2013. Pengembangan LKS Berbasis Inquiry Menggunakan Software Geometer’s Sketchpad pada Materi Hubungan Antar Sudut pada Garis Sejajar Dipotong Garis Lain. Jurnal Mathedumesa. Vol 2. No 1. Hal 1-8.

Nasution, S. 2008. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Nieveen, N, dan Plomp. 2013. Educational Design Research. Netherlands. Enschede the Netherlands.

Prawiradilaga, D S. 2016. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Purba, G.I.D. and Surya, E. 2020. The Improvingof Mathematical Understanding Ability and Positive Attitudes of Unimed FMIPA Students by Using the Contextual Teaching Learning(CTL) Approach. The6th Annual International Seminaron Trends in Science and Science Education. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1462 (2020) 012019. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1462/1/012019/meta

Putri, N. W. Karmila., dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Transformasi Berbasis Geogebra. Jurnal Wahana Matematika dan Sains. Vol 10. No 2. Hal 25-35.

Said, F. 2017. Pengembangan Alat Peraga Orbital Pada Materi Keperiodikan. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Sani, R A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Saputro, B. A., dkk. 2016. Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 6. No.1. Hal 33-38.

Sari, I. K. 2016. The Students Learning Trajectory of Transformation Geometry. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2016).

Siagian, P., dan Febry. 2017. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan STAD berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi di Kelas XI SMAN 7 Medan. Jurnal Inspiratif. Vol 3. No 3. Hal 35-51.

Sinaga, B., dkk. 2017. Buku Siswa/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2017: Buku Siswa Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Bandung: Dirjen Dikti Depdiknas.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujadi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sutisna, Nia. 2016. Pembelajaran Program Aplikasi Photoscape Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengedit Foto Pada Cerebral Palsy Di SLB YPAC Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 16. No 1. Hal 40-45.

Syahbana, A.. 2016. Belajar Menguasai Geogebra. Palembang : NoerFikri Offset.

Tim Pustilitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional).

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wulandari, R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbantuan Geogebra dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Materi Persamaan Lingkaran Untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi. (Yogyakarta: UNY Press).

Wahid, M. Ismail. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kalakar. Skripsi. UIN Alauddin




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19657

Article Metrics

Abstract view : 7898 times
PDF - 7029 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter

slot gacor slot