PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs KELAS VII ANTARA YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis pendekatan Realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII SMP. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-4 pada Uji Coba II di SMP Negeri 2 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketercapaian tujuan pembelajaran khusus, (b) ketuntasan belajar klasikal terpenuhi, (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, (d) waktu pembelajaran efektif. Selain itu lebih dari 80% siswa merespon positif LKS yang telah dikembangkan; (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar berbasis pendekatan realistik menggunakan LKS matematika yang dikembangkan mengalami peningkatan yaitu: nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba I 2,52 meningkat sebesar 0,85 menjadi 3,37 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 18 orang siswa (60%) meningkat menjadi 26 orang siswa (87%) pada uji coba II.
Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Matematika Realistik, Pemecahan Masalah.
ABSTRACT
This study aims to: (1) describe the effectiveness of learning tools developed through realistic mathematical approaches, (2) to describe the improvement of students' mathematical concepts comprehended by realistic mathematics learning using developed tools. The type of this research is development research which refers to Thiagarajan, Semmel and Semmel model that is 4-D model (define, design, develop and disseminate). Due to the limitations of researchers, the research is undertaken to the stage of develop. The subjects of this study are the students of class VII-5 on Trial I and VII-4 students in Trial II in SMP Negeri 2 Medan. The research instruments used are RPP and LKS assessment sheets to measure validity, concept comprehension skills test, student response questionnaire andobservationsheet of learning implementation. The results showed that: (1) the learning tools developed had met the criteria of effectiveness by: (a) the achievement of specific learning goals, (b) classical learning completeness was fulfilled, (c) the ability of teachers to manage effective learning, (d) effective learning time. In addition, more than 80% of students responded positively to the worksheets that had been developed; (2) the problem solving ability of students who are taught based on a realistic approach using developed mathematics worksheets has increased, namely: the average value of students' problem solving ability in the trial I 2.52 increased by 0.85 to 3.37 in the second trial and many students who completed the trial I 18 students (60%) increased to 26 students (87%) in trial II.
Keywords: Development of Student Worksheets (LKS), Realistic Mathematics Approaches, Problem Solving.
Full Text:
PDFReferences
Hasratuddin, (2015), Mengapa Harus Belajar Matematika?, Perdana Publishing, Medan.
Hedriana, Heris dan Soemarmo, (2014), Penilaian Pembelajaran Matematika, Refika Adiatama, Bandung
Nurrokhmah, Febriana. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP.Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, Ayu Permata, (2014), Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Untung dan Persentase Untung, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.
Sugiono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Widoyoko, EP., (2016), Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Wijaya, Ariyadi., (2012), Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Yamasari, Yuni, (2010), Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasisi ICT Yang Berkualitas, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana X ITS.
Frisnoiry, Suci. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Negeri 7 Binjai, Tesis, Universitas Negeri Medan, Medan.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i3.24072
Article Metrics
Abstract view : 99 timesPDF - 99 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :