PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 MEDAN

Indra Hamonangan Siahaan, Asrin . Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa melalui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing (ST) dan menggunakan model kooperatif tipe Snowball drilling (SD) pada materi sistem persamaan linear dua variabel.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 315 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-F sebagai kelas Eksperimen A yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan kelas VIII-G sebagai kelas Eksperimen B yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Snowball Drilling. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretes dan postes dalam bentuk uraian, dimana masing-masing soal berjumlah 4 soal yang sudah divalidkan kepada tiga orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Chi-Square dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes pretes kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen A yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,887 dan kelas eksperimen B yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Snowball Drilling diperoleh nilai rata-rata sebesar 44,516. Untuk uji hipotesis digunakan uji t,dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,842 dan ttabel = 1,677 dengan α = 0,05 dan dk = 60. Ternyata thitung > ttabel (1,842 > 1,677), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Drilling pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

 

Kata kunci : Berpikir Kritis, Eksperimen Semu, Snowball Throwing, Snowball Drilling

 

 

 

abstract

 

This study aims to determine the  difference critical thinking ability of students who were taught by using cooperative learning model of type Snowball Throwing (ST) and Snowball Drilling (SD) on the material system of two linear equations in class VIII.. The population was all students of class VIII SMP Negeri 6 Medan which consisted of 11 classes with all students 315 people. This research was using  Cluster random sampling with take 2 class from 9 class randomly, so get Class VIII-F to be class Experiment A with cooperative learning type of Snowball Throwing and class VIII-G to be class Experiment B with cooperative learning type of Snowball Drilling. The type of this research is Quasi Experiment. As a data collection tool, it uses pretest and  postest in the form of decription test, where each of the 4 equations has been validated to three validators consisting of two mathematics lecturers, and one mathematics teacher.Before testing the hypothesis, first tested the normality of the test by using Chi-Square test and homogeneity of the test using F test. From the test it was obtained the results of the pretest tests of both samples came from the population of normal and homogeneous distribution, then the authors can give treatment to both samples. From the result of the research after being treated for two meetings, the experimental class A with cooperative learning type of Snowball Throwing obtained an average value of 50,887 and the experimental class B with cooperative learning type of Snowball Drilling obtained an average value of 44,516. For test the hypothesis used t test, from the data postest tcount = 1,842 and ttable = 1,677 with α = 0,05 and dk = 60. Result tcount > ttable (1,842 > 1,677), so H0 rejected dan Ha accepted which means results show that the Critical Thinking ability who were taught by cooperative learning with type of Snowball Throwing better than cooperative learning with type of Snowball Drilling on the material system of two linear equations.

 

Keyword : Critical Thingking, Quasi Experiment, Snowball Throwing, Snowball Drilling


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (2012), Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Hamzah, A dan Muhlisrarini, (2016), Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Husnidar, dkk, (2014), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa, Jurnal Didaktik Matematika, Vol 1. No 1.

Kusumaningrum, W.A., (2015), Genre-Based Approach To Promote Learners’ Critical Thinking Skills, Vol 11.No 2: ISSN 0854-8412.

Rachmadi, O,. Dan Manurung, E,. (2017), Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Snowball Throwing dan Snowball Drilling Pada Sub Materi Turunan Di SMA Negeri 11 Medan. ISBN 978-602-17980-9-6.

Rusman, (2012), Model-Model Pembelajaran ( Mengembangkan Profesionalisme Guru), Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sadiman,dkk, (2017), Penerapan Strategi Learning Cell Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkembangan Teknologi Di Sekolah Dasar. ISSN 2337-8786

Shoimin, A., (2014), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Simbolon, M.,Mulyono, Surya, E., dan Syahputra, E., (2017), The Efforts to Improving the Mathematical Critical Thinkig Student’s Ability through Probem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash, American Journal of Education Research, Vol 5.No7: 725-731.

Yuliati, (2015), Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas XI-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh, Jurnal Peluang, Vol 3. No 2.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i3.24074

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter